4 Olahraga Rumah untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Loading...

Olahraga Rumah untuk Menjaga Kebugaran TubuhOlahraga rumah bisa menjadi alternatif yang bisa Anda pilih untuk dipraktikkan sehari-hari. Olahraga semacam ini banyak keuntungannya. Misalnya, Anda tidak perlu keluar dari rumah untuk berolahraga di jalan, lapangan, atau tempat gym.

Olahraga ini juga tidak mungkin terkendala cuaca, meskipun panas atau hujan bisa tetap dilakukan. Bahkan, olahraga di rumah sangat menghemat biaya.

Pasalnya, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikit pun untuk membeli atau membayar sesuatu, seperti air mineral, tarif parkir, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya keuntungan tersebut, tidak ada salahnya Anda mempraktikan olahraga di dalam rumah ini.

Lalu, apa saja jenis olahraga rumah yang bisa dipraktikkan setiap hari? Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi di bawah ini.

Indoor Cycling

Indoor cycling atau beberapa orang menyebutnya stationary bicycling merupakan cara berolahraga dengan menggunakan alat berupa sepeda statis. Sepeda yang hanya berjalan ditempat, tetapi bisa diatur tingkat kesulitan saat melakukannya.

Anda akan bisa menjumpai sepeda statis seperti ini di tempat-tempat gym karena banyak orang yang menyenangi bersepeda dengan cara seperti ini. Pasalnya, sambil bersepeda Anda bisa menonton televisi atau film favorit. Jika Anda bersepeda statis selama 60 menit bisa membakar kalori kurang lebih 350 kalori.

Pilates

Olahraga ini semakin digandrungi olah banyak wanita karena efektif untuk mengencangkan otot serta menghilangkan stres. Pilates diciptakan oleh Joseph Pilates yang melatih kekuatan, daya tahan, dan koordinasi tubuh terutama di bagian kaki, perut, tangan, dan lengan.

Dikarenakan banyak peminatnya, sudah banyak tutorial olahraga pilates yang dijual dalam bentuk DVD. Anda pun bisa mendowloadnya di internet. Olahraga rumah yang satu ini dapat membakar sekitar 200 – 350 kalori saat Anda mempraktikkannya selama 60 menit.

Push up dan sit up

Kedua gerakan ini mungkin sudah sangat terkenal oleh semua orang. Push up diketahui sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengencangkan otot di bagian tangan, lengan, dada, dan punggung. Sementara gerakan sit up bertujuan untuk memperkuat otot perut perut, dada, dan paha.

Cukup sederhana gerakannya hingga anak kecil hingga orang tua bisa mempraktikkannya. Namun demikian, porsi atau banyak sedikitnya kedua gerakan ini harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing dan jangan sampai dipaksakan.

Jika memaksakannya, bukan tidak mungkin Anda bisa mengalami cidera otot. Dengan melakukan gerakan push up dan sit up berselang-seling, Anda bisa membakar sekitar 250 kalori saat mempraktikkannya dengan durasi 60 menit.

Dancing

Dancing atau bisa diartikan menari ataupun berdansa juga bisa menjadi olahraga rumah yang efektif untuk membakar kalori di dalam tubuh Anda. Jenis dancing yang bisa Anda praktikkan pun bermacam-macam. Mulai dancing dengan unsur tradisional, modern, maupun dancing seksi seperti J.Lo. Anda bisa menirukan dancing seperti dalam tutorial di DVD atau hasil downloadan.

Dengan begitu, Anda pun bisa berolahraga di dalam rumah yang murah, nyaman, serta menyehatkan. Sekitar 300 kalori bisa Anda bakar jika melakukan dancing selama 60 menit. Anda bisa melakukannya sendiri atau dengan pasangan masing-masing.

Itulah beberapa olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Silakan Anda mempelajarinya lebih lanjut untuk menjaga kesehatan sekaligus kebugaran tubuh dengan olahraga rumah.

Loading...