Penyebab Komedo dan Cara Menghilangkannya

Loading...

Penyebab Komedo dan Cara MenghilangkannyaKomedo merupakan bintik-bintik kecil yang berwarna hitam yang tumbuh di sekitar area hidung. Walaupun bentuknya kecil, tetapi tetap aja kehadirannya cukup mengganggu karena membuat kulit wajah terutama di sekitar area hidung terlihat kotor.

Dampak yang ditimbulkan si komedo ini memang tidak separah jerawat. Padahal komedo ini juga termasuk jerawat skala ringan. Jerawat yang berwarna merah serta menimbulkan rasa sakit itu namanya jerawat batu atau jerawat nasi dan itu merupakan golongan jerawat dalam skala besar.

Bagi sempurnanya penampilan, komedo ini memang tidak memiliki pengaruh yang terlalu berarti karena masih bisa ditutupi denga bedak atau BB cream. Tetapi tetap saja jika si komedo ini dibiarkan terus terusan pastinya nanti jumlahnya akan bertambah banyak dan bertambah luas daerah pertumbuhannya.

Bukan hanya dibagian hidung saja yang menjadi sarang pertumbuhannya tetapi nantinya akan berpindah dan menyebar ke daerah wajah yang lainnya seperti pipi. Ih menyeramkan bukan?

Penyebab Komedo

Komedo biasanya muncul dikarenakan jarang membersihkan kulit wajah dari debu, atau kotoran atau bedak kosmetik yang tidak dibersihkan. Biasanya banyak kalangan pria ataupun wanita yang tidak terlalu perduli dengan kebersihan kulit terutama wajah tetapi anehnya mereka sangat khawatir dan takut jika kulit mereka dihinggapi komedo atau jerawat.

Padahal penyebab utama dari jerawat atau komedo ini adalah karena malas membersihkan kulit sehingga memicu timbulnya komedo atau jerawat di permukaan kulit. Maka dari itu jika sudah mengetahui penyebab munculnya komedo ini, bisa dijadikan sebagai cerminan untuk lebih menjaga kebersihan kulit ke depannya sehingga kulit akan jauh dari yang namanya komedo.

Cara Mengatasi Komedo

Berikut ini cara untuk menghilangkan komedo bagi yang sudah terlanjur kulitnya ditumbuhi komedo:

1. Siapkan pasta gigi (odol) dan sikat gigi. Sebaiknya gunakan sikat gigi yang baru yang belum pernah dipakai untuk menyikat gigi sebelumnya. Supaya kulit tidak terluka, gunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut.

2. Setelah itu bersihkan permukaan kulit (hidung) yang dihinggapi oleh komedo tersebut. Cukup hanya dengan menbasuhnya dengan air tanpa perlu dikeringkan terlebih dahulu.

3. Ambil pasta gigi (odol) kemudian tuangkan di atas bulu sikat gigi dengan ukuran sebesar biji jagung.

4. Sebelum dipakai untuk menyikat permukaan kulit yang ditumbuhi komedo, pastikan pasta gigi dan sikat gigi yang dituang tadi sudah dibasahi terlebih dahulu dengan air. Baru seteleh itu mulailah untuh menyikat bagian permukaan kulit anda yang berkomedo secara perlahan dan lembut dengan menggunakan arah atas bawah atau kiri kanan. Hal ini dilakukan agar si komedo bisa tercabut sampai keakarnya sehingga tidak akan tumbuh lagi.

5. Setelah itu bersihkan hingga bersih. Setelah selesai dibersihkan mungkin bagian hidung anda akan terasa sedikit perih, namun anda tidak perlu khawatir hal ini terjadi dikarenakan si komedo ini sudah tercabut hingga ke akarnya dan meninggalkan bekas namun akan segera hilang dalam beberapa menit.

6. Lakukan cara ini sekali dalam sehari secara rutin hingga komedo anda benar-benar hilang.

Setelah semua komedo sudah hilang anda harus rajin membersihkan permukaan kulit anda terutama di bagian hidung yang menjadi sarang tetap tumbuhnya komedo agar si komedo ini tidak akan muncul lagi. Semoga tips ini membantu anda untuk mengatasi permasalahan komedo.

Selamat mencoba 🙂

Loading...