Manfaat Madu dan Lemon Untuk Jerawat

Loading...

Manfaat Madu dan Lemon Untuk JerawatJerawat, siapa yang tidak kenal dengan nama satu ini. setiap remaja pasti pernah mengalami yang namanya jerawatan pada wajah. Hal ini sangat umum terjadi karena jerawat merupakan masalah kulit yang biasanya mengiringi masa pertumbuhan atau masa puber untuk remaja. Bahkan, tidak hanya anda para remaja, orang dewasapun tidak luput dengan yang namanya jerawat.

Jerawat satu kata namun menimbulkan masalah tersendiri bagi penderitanya. Jerawat ringan biasanya akan hilang dalam beberapa hari, namun bekas jerawat berupa bintik-bintik merah maupun hitam pada wajah akan membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan hingga berbulan-bulan untuk menghilangkan bekasnya.

Nah hal ini yang menjadi permasalahan bagi kaum remaja yang menganggap jerawat mengganggu penampilan, dan melakukan berbagai upaya untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Biasanya jalan yang diambil adalah menggunakan obat oles/salep atau kapsul yang didapat dari apotek maupun dari dokter kulit, bahkan ada yang sampai melakukan operasi guna menghilangkan jerawat maupun bekasnya dengan biaya yang lumayan besar hanya untuk yang namanya jerawat.

Manfaat Lemon dan Madu untuk Jerawat

Padahal banyak bahan dari alam yang tentunya mudah didapat dan jauh lebih murah yang dapat dimanfaatkan sebagi pemecah masalah untuk mengatasi jerawat. Seperti Jeruk Lemon dan Madu, dimana keduanya merupan bahan-bahan yang ada di sekitar kita dan sering kita jumpai .

Lemon

Merupakan jenis jeruk yang didalamnya terkadung asam sitrat yang berguna untuk membantu mengeringkan jerawat, selain itu asam sitrat juga berperan dalam proses pengelupasan kulit kering. Selain mengandung asam sitrat, Lemon juga kaya akan vitamin C yang berguna untuk memutihkan/ mencerahkan kulit wajah.

Oleh sebab itu jeruk lemon sangat baik untuk mengatasi jerawat. Jerawat yang mengering akan terkelupas karena asam sitrat dan akan digantikan dengan sel-sel kulit baru yang terlihat lebih muda, kemudian Vitamin C akan berperan untuk menyamarkan bekas jerawat yang tersisa dengan menjadikan kulit wajah tampak lebih putih merata.

Madu

Merupakan jenis cairan kental serta memiliki rasa manis yang dihasilkan oleh lebah. Madu telah dipercaya ratusan tahun lalu untuk digunakan dalam kesehatan dan kecantikan secara alami. Kandungan pada madu meliputi senyawa-senyawa penting seperi enzim, antioksidan, dan anti bakteri yang bermanfaat dalam merawat kesehatan dan kebersihan kulit wajah.

Sehingga madu sangat baik untuk membunuh jerawat karena madu memiliki anti bakteri sehingga jerawat dan nodanya dapat terangkat. Selain itu madu juga berfungsi untuk mengurangi kadar minyak pada wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Menggunakan Lemon Dan Madu

Untuk penggunaan lemon dapat dilakukan dengan berbagai cara di antaranya:

  • Dioleskan langsung: Sebelumnya basuh waja dengan air hangat kemudian ambil satu sendok sari lemon dengan memeras lemon yang telah dipotong menggunakan kapas, lalu oleskan air lemoon tersebut pada jerawat maupun bekasnya dan biarkan kurang lebih 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Sebagai minuman : ambil sari lemon secukupnya kemudian sedu dengan air hangat. Ingat jangan terlalu banyak meminu sari lemon karena tidak baik bagi lambung dan kesehatan tubuh lainnya karena kandungan asam pada lemon yang tinggi.

Untuk penggunaan madu biasanya dijadikan masker dengan cara, yang pertama basuh wajah dan keringkan lalu oleskan madu pada wajah tipis saja, kemudian diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

 Madu dan lemon juga dapat digunakan secara bersama-sama yaitu:

  • Sebagai masker : Siapkan  2 sendok makan madu dan 1 sendok makan perasan air jeruk lemon. Kemudian aduk keduanya hingga mengental dan membentuk adonan. Setelahnya aplikasikan pada wajah, hindari bagian bibir dan mata. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Perawatan ini dapat dilakukan 2 kali seminggu dan jangan terlalu sering.
  • Sebagai minuman: campurkan sari lemon yang telah diperas dengan madu. Kemudian sedun dengan air hangat.

Demikian tips dan saran mengatasi jerawat dan bekas jerawat menggunakan Jeruk Lemon dan Madu. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih 🙂

Loading...