Tips dan Cara Merawat Kulit Berjerawat

Loading...

Tips dan Cara Merawat Kulit BerjerawatKulit wajah yang putih, cerah dan bersih tanpa jerawat, siapa sih yang tak menginginkannya? Semua orang dari semua kalangan mulai remaja hingga orang dewasa, dari perempuan maupun pria pasti menginginkan memiliki kulit wajah seperti itu. Namun sayangnya tidak semua orang bisa bebas dengan yang namanya jerawat.

Jerawat biasanya bersarang pada wajah yang memiliki tipe kulit berminyak, meskipun jenis wajah yang lain juga memiliki kemungkinan tumbuhnya jerawat namun lebih besar presentase jerawat akan bersarang pada wajah yang berminyak.

Kulit berminyak merupakan jenis kulit wajah yang mudah mengeluarkan minyak dan akan menimbulkan masalah yakni timbulnya komedo dan jerawat. Apabila hal ini terjadi, pasti anda akan melakukan berbagai cara untuk mulai menerapkan cara merawat wajah berjerawat agar benjolan yang menyakitkan tersebut segera pergi dari wajah anda.

Banyak jenis obat maupun krim jerawat yang dijual bebas di pasaran namun, apabila tidak sesuai dengan kulit anda, yang ada malah akan menyebabkan peradangan yang lebih parah pada jerawat anda.

Sebenarnya yang dibutuhkan untuk merawat kulit yang berjerawat adalah ketelatenan dan kesabaran. Sedangkan untuk perawatan yang lebih aman dapat dilakukan secara alami tanpa menggunakan bahan-bahan yang tak jelas asalnya dan yang pasti tidak memberikan efek samping pada tipe-tipe kulit tertentu.

Merawat Kulit Wajah Berjerawat dengan bahan alami

  • Apel

Apel merupakan jenis buah yang dapat mengurangi kandungan minyak pada wajah sehingga apel dapat dijadikan solusi untuk mengatasi jerawat yang biasanya bersarang pada wajah yang berminyak.

Caranya adalah dengan menghancurkan buah apel dengan menggunakan blender tanpa diberi air. Kemudian oleskan pada wajah sebagai masker selama 30 menit setelahnya bilas dengan menggunakan air bersih.

  • Tomat

Selain memiliki kandungan Vitamin C yang banyak tomat ternyata juga banyak mengandung protein, vitamin A, B1, zat besi, belerang, fosfor, licopene yang berfungsi untuk menjaga kesehatan muka dan mengangkat sel kulit mati.

Cara pengunaannya hampir sama seperti apel dengan dihaluskan lalu dioleskan pada permukaan wajah dan ditunggu hingga kering. Kemudian dibilas dengan air bersih.

  • Wortel

Wortel merupakan jenis umbi yang biasanya digunakan sebagai bahan sayuran dan memiliki kandungan vitamin A serta beta karoten yang berfungsi untuk mencegah jerawat.

Caranya dengan memarut wortel hingga halus lalu kemudian ditambahkan madu. Kemudian oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama ±30 menit, lalu bilas dengan air. Madu memiliki kandungan antioksidan, antibakteri dan enzim sebagai pembersih kulit.

  • Mentimun

Mentimun yang biasa kita kenal sebagai lalapan ternyata memiliki kandungan zat astringent yang bisa digunakan pengurang minyak di wajah. Sehingga mentimun baik untuk mengatasi wajah berjerawat.

Caranya sangat mudah, hanya dengan memotong mentimun dengan bentuk membulat atau menghancurkan mentimun hingga menjadi seperti bubur lalu tempelkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

  • Pepaya

Pepaya memiliki kandungan papain yang sangat membantu untuk mengurangi peradangan. Caranya dengan menghaluskan pepaya yang telah matang dan kemudian oleskan ke seluruh wajah sebagai masker dan diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan air bersih. Sebaiknya anda rutin menggunakannya, selain jerawatnya hilang, kulit anda juga akan lebih putih dan halus.

**

Tidak hanya perawatan dari luar saja yang diperlukan untuk mengatasi jerawat. Perawatan dari dalam juga diperlukan dengan cara menjaga pola makan dimana menghindari makan-makanan yang berminyak/gorengan dan makanan berlemak.

Kandungan minyak pada gorengan akan menambah kadar minyak pada wajah. Sedangkan untuk makanan yang berlemak akan menyebabkan jerawat semakin banyak dan merata, selain itu kandungan lemak diwajah akan semakin banyak dan menyumbat pori-pori wajah.

Semoga bermanfaat.

Loading...