Tips Merawat Bibir Secara Alami

Loading...

Tips Merawat Bibir Secara AlamiMemiliki bibir yang sehat, merah dan tidak pecah-pecah merupakan dambaan semua orang khususnya wanita.

Bibir merupakan komponen dari wajah yang cukup sensitif dan apabila kita tidak merawat bibir dengan baik maka akan menimbulkan masalah tersendiri.

Masalah kesehatan bibir yang paling sering dikeluhkan yaitu bibir pecah-pecah, bibir hitam, dan bibir yang kering.

Loading...

Masalah pada bibir ini dapat mempengaruhi penampilan seseorang apalagi wanita yang sangat sensitif mengenai penampilan dan pada akhirnya akan mengakibatkan rasa minder.

Masalah yang Sering Timbul Pada Bibir

  • Bibir pecah-pecah

Kondisi dimana bibir mengalami pecah-pecah dan bahkan kulit pada bibir akan terkelupas yang terjadi akibat peradangan dan mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan perih pada area bibir dan bahkan sering keluar darah pada bibir yang pecah-pecah ini. Biasanya disebabkan karena kekurangan Vitamin C dan juga dehidrasi.

  • Bibir Hitam

Merupakan masalah yang cukup serius di antara permasalahan pada bibir, karena warna bibir yang hitam akan benar-benar memengaruhi penampilan wajah seseorang dan mengakibatkan wajah akan terlihat lebih kusam dan tampak lebih tua. Bibir bewarna hitam biasanya disebabkan oleh bahan kimia, Kebiasaan minum kopi yang berlebihan dan merokok, Mengonsumsi obat yang tidak cocok, Faktor keturunan dan kekurangan nutrisi

  • Bibir Kering

Yang terakhir adalah bibir kering, dimana bibir kering juga sangat mengganggu penampilan wajah kita. Wajah akan tampak kurang sehat dan terlihat seperti orang sakit ketika bibir kering karena bibir kering identik dengan orang yang sakit dengan bibir berwarna putih pucat. Biasanya disebabkan oleh kekurangan Vitamin C , dehidrasi dan kebiasaan menjilat bibir sendiri.

Cara Alami Mengatasi Permasalahan pada Bibir

1. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

  • Lemon, jenis buah jeruk ini dipercaya ampuh dalam mengatasi bibir pecah-pecah. Cara penggunaannya cukup mudah. Ambil perasan buah lemon lalu tambahkan madu. Kemudian oleskan pada bibir. Lakukan ±3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.
  • Irisan Mentimun dan Tomat, bibir pecah-pecah biasanya terjadi karena kekurangan Vitamin C, jadi mentimun dan tomat merupakan alternatif yng dapat digunakan untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah. Caranya dengan megoleskan baik mentimun maupun tomat pada bibir.
  • Minum yang banyak, dehidrasi merupakan salah satu penyebab bibir pecah-pecah jadi Minum banyak air untuk terhindar dari dehidrasi dan melembabkan bibir.
  • Mentega, tidak diragukan lagi apabila mentega dapat digunakan untuk menyembuhkan bibir pecah-pecah dan dapat mengembalikan kelembapan bibir. Cara pemakaiannya sangat sederhana, cukup oleskan saja pada bibir secara merata dan ulangi beberapa kali hingga sembuh.

2. Mengatasi Bibir Hitam

  • Sari Lemon dan Madu, sari lemon dapat mengangkat sel-sel kulit mati penyebab warna hitam, sedangkan madu berfungsi melembabkan dan mengembalikan warna cerah pada bibir. Cara penggunaannya dengan mencampurkan sari lemon dengan madu, keudian oleskan pada bibir dan tunggu ± 1 jam lalu bersihkan menggunakan handuk halus yang telah dibasahi.
  • Mentimun dan jeruk nipis, ternyata gabungan antara mentimun dan juga jeruk nipis dapat diggunakan untuk mengatasi bibir bewarna hitam dan menjadikan bibir nampak merah alami. Caranya dengan menghaluskan mentimun lalu campur denga air perasan jeruk nipis, lalu oleskan secara merata pada permukaan bibir dan tunggu beberapa menit. Kemudian bilas dengan air dingin
  • Lidah Buaya, gel alami yang terdapat pada lidah buaya mapu menguragi warna hitam pada bibir. Caranya ambil lidah buaya, cuci bersih lalu potong dan ambil bagian gelnya dan kemudian oleskan pada permukaan bibir secar merata. Meskipun memiliki rasa sang pahit, idah buaya termasuk ampuh dalam mengurangi warn ahitam pada bibir.
  • Madu murni, sudah tidak diragukan khasiat madu untuk kecantikan. Apalagi untuk menjaga kesehatan bibir dengan memberikan kelembapan dan kesegaran pada bibir serta dapat memberikan warna merah alami pada bibir. Caranya sangat mudah, hanya ambil madu murni lalu oleskan pada bibir dan pengolesan dilakukan sebelum tidur.

 3. Mengatasi Bibir Kering

Sama halnya dengan bibir pecah-pecah bibir kering juga dapat diatasi dengan Lemon, Irisan Mentimun dan Tomat, Minum yang banyak, dan Mentega dengan cara yang sama pula.

Penting juga diketahui bahwa kebiasaan menjilat bibir akan menyebabkan bibir lebih cepat kering. Jadi mulai saat ini hilangkan kebiasaan menjilat bibir baik ketika bibir terasa kering maupun tidak.

**

Demikian masalah yang sering terjadi pada bibir dan solusi mengatasinya. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat bagi pembacanya.

Loading...