Menu Sehat untuk Diet Ibu Menyusui

Loading...

Menu Sehat untuk Diet Ibu MenyusuiDiet ibu menyusui perlu dilakukan agar sang ibu memiliki tubuh yang proporsional, tidak berlebihan berat badannya, serta perutnya tidak buncit. Selain itu, sang bayi juga tidak akan berpengaruh dengan aktivitas diet yang dilakukan ibunya.

Pasalnya, tidak sedikit ibu yang baru melahirkan buah hatinya memiliki bentuk tubuh yang tidak proporsional lagi. Padahal sebelum hamil dan melahirkan, sang ibu cukup langsing bentuk tubuhnya.

Tentu saja hal ini akan berpengaruh dengan penampilan fisiknya secara keseluruhan. Kesan wanita yang cantik dan seksi tidak akan melekat pada sang ibu lagi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda sebagai seorang ibu yang baru saja melahirkan dan menyusui sang buah hati melakukan diet khusus ibu menyusui. Dengan begitu, berat badan Anda bisa terkontrol dan bentuk tubuh bisa proporsional.

Bagaimana cara diet ibu menyusui yang direkomendasikan?

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh sang ibu, yaitu berkonsultasi dengan dokter spesialis maupun bidan terkait diet yang akan dilakukan. Pasalnya, diet sangat erat kaitannya dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Sementara itu, ibu yang masih menyusui tentu saja harus menjaga asupan makanannya karena sangat berpengaruh dengan kualitas air susu ibu (ASI) yang diproduksinya. Oleh karena itulah, silakan untuk berkonsultasi terlebih dulu.

Perlu Anda ketahui bahwa minimal asupan yang harus dijaga, yaitu 2000 kalori setiap harinya agar produksi ASI dapat maksimal saat disusukan kepada bayi.

Menu diet ibu menyusui

Berikut beberapa menu makanan yang bisa disantap oleh ibu menyusui saat melakukan diet.

Makan pagi pada pukul 10 pagi
Anda sebagai ibu yang lagi menyusui bisa mengkonsumsi makanan kecil ringan, tentu saja dengan kriteria yang sehat dan bergizi. Misalnya, mengkonsumsi 30 ml yogurt yang rendah lemak, ditambah dengan 14 wortel berukuran kecil yang bisa direbus. Silakan dikonsumsi seperti waktu yang ditentukan, yaitu tengah hari.

Makan siang pada pukul 1 siang
Anda bisa mengkonsumsi lasagna sayuran yang mengandung banyak nutrisi sodium. Jangan lupa untuk menyertakan 1 buah apel segar yang ukurannya cukup besar. Jika Anda berniat makan nasi, dipersilakan tetapi dengan porsi yang kecil. Apalagi bagi ibu menyusui yang masih beraktivitas kerja di kantor atau tempat kerja lainnya, mereka membutuhkan tenaga lebih untuk berkegiatan seperti itu. Meskipun bekerja, tetapi tetap mempraktikkan cara diet ibu menyusui.

Makan sore pada pukul 4 sore
Anda bisa menikmati makanan kecil atau ngemil sekitar 22 kacang almond. Jangan lupa menyertakan sekotak kismis, yaitu sekitar 40 gram beratnya. Jika masih merasa lapar, silakan mengkonsumsi beberapa buah segar, seperti melon, pisang, atau yang lainnya.

Makan malam pada pukul 7 malam
Perlu diingat bahwa diet yang dilakukan oleh ibu menyusui tentu saja berbeda dengan program diet yang dilakukan oleh banyak orang pada umumnya. Biasanya, diet sehat untuk menurunkan berat badan memang melarang keras melakukan makan malam. Berbeda dengan ibu menyusui yang masih diperbolehkan dikarenakan asupan jumlah kalori harus terjaga agar produksi ASI bisa mengalir untuk buah hatinya.

Untuk makan malam, ibu menyusui bisa memilih menu ayam panggang di bagian dada, yaitu sekitar 200 gram beratnya. Ditambah dengan campuran sayuran bayam, kentang rebus. Jika perlu, lengkapi dengan penutup yang terbuat dari minyak canola.

Itulah informasi bagi Anda para ibu yang sedang menyusui mengenai diet ibu menyusui. Semoga bermanfaat.

Loading...