Diet tanpa Karbohidrat bagi Penderita Diabetes

Loading...

Diet tanpa Karbohidrat bagi Penderita DiabetesDiet tanpa karbohidrat sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita gejala penyakit diabetes atau kelebihan glukosa atau kadar gula di dalam darah. Jangan salah mengartikan bahwa karbohidrat hanya dimiliki oleh nasi yang kita makan sehari-hari saja.

Memang, kandungan karbohidrat dalam nasi memang cukup tinggi. Namun demikian, beberapa jenis makanan juga mengandung karbohidrat yang seharusnya dihindari bagi penderita diabetes. Misalnya, roti, mi, dan semua jenis bahan makanan yang mengandung karbohidrat.

Semaksimal mungkin, para penderita diabetes harus menghindari mengkonsumsi semua itu dengan tujuan agar dapat mencegah sekaligus menyembuhkan penyakit yang cukup membahayakan ini. Satu hal yang pasti, Anda harus berkomitmen pada diri sendiri dan konsisten saat mempraktikkan diet tanpa karbohidrat semacam ini. Semua itu dilakukan dengan tujuan utama untuk mendapatkan tubuh selalu sehat dan bugar setiap hari.

Bahaya penyakit diabetes yang menyerang tubuh

Tidak sedikit orang yang sebenarnya sudah mengalami gejala berpenyakit diabetes, tetapi yang bersangkutan tidak menyadarinya sejak dini. Bahkan, dia terus melakukan gaya hidup tidak sehat sehari-hari. Akhirnya, penyakit diabetesnya semakin parah hingga orang tersebut menderita penyakit lainnya, seperti kencing manis atau gagal ginjal.

Sebagai contoh, kondisi parah dari penyakit diabetes yang diderita oleh seseorang tentu saja akan berpengaruh pada organ tubuh dalam. Pasalnya, kelebihan glukosa di dalam darah mau tidak mau harus dikeluarkan, baik lewat air kencing maupun kotoran saat buang air besar. Selain itu, glukosa berlebihan juga dapat dikeluarkan melalui keringat saat berolahraga.

Sebenarnya penyakit diabetes bisa dicegah sejak dini, asalkan memakai cara-cara yang benar dan sehat sesuai yang direkomendasikan. Dengan begitu, kadar gula di dalam darah bisa lebih stabil, sehingga tidak menyebabkan penyakit lain yang berbahaya.

Salah satu cara alami yang dapat dipraktikkan, yaitu diet tanpa karbohidrat. Ditambah dengan berolahraga secara teratur.

Bagaimana cara diet tanpa karbohidrat yang direkomendasikan?

Anda yang mengkonsumsi nasi setiap hari harus memulai untuk tidak memakannya. Namun demikian, Anda tidak perlu langsung berpantangan makan nasi.

Anda bisa melakukannya secara bertahap, yaitu mengganti makan nasi dengan sereal pada makan pagi. Selanjutnya, pada makan siang Anda bisa mengkonsumsi nasi tetapi dengan porsi kecil, dengan tujuan untuk pembangkit tenaga saat beraktivitas.

Sementara pada makan sore, Anda bisa mengganti nasi dengan sereal, puding coklat, ataupun sayuran hijau yang kaya akan serat. Dengan begitu, perut Anda bisa lebih kenyang meskipun tanpa makan nasi yang berkarbohidrat tinggi.

Setelah berjalan seminggu, Anda pun bisa segera mempraktikkan diet tanpa karbohidrat secara totalitas. Dalam arti, Anda sudah terlarang untuk mengkonsumsi bukan hanya nasi saja, tetapi segala jenis bahan makanan yang mengandung karbohidrat.

Jika Anda bisa konsisten dan konsekuen saat mempraktikkannya, bukan tidak mungkin Anda bisa mencegah penyakit diabetes, bahkan bisa menyembuhkannya. Tidak ada salahnya Anda untuk mempraktikkannya dengan cara yang sudah dirokemendasikan seperti yang ditulis di atas.

Dengan komitmen dan konsisten, dijamin Anda yang masih menderita penyakit diabetes pasti bisa mempraktikkan diet tanpa karbohidrat. Selamat mencoba.

Loading...