3 Bahan Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Sehari-Hari

Loading...

3 Bahan Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Sehari-HariBahan makanan sehat dapat Anda temukan dengan mudah. Pasalnya, Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau modern di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Bahkan, jika menyukai aktivitas gardening atau berkebun, mungkin ada beberapa tanaman yang menghasilkan bahan makanan untuk kesehatan.

Semua itu dapat Anda konsumsi sehari-hari dengan tujuan utama untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika memungkinkan, carilah bahan makanan yang tergolong alami.

Loading...

Dalam arti, tidak mengandung bahan kimiawi yang berbahaya saat proses penanamannya, seperti pestisida, insektisida, ataupun fungisida. Pupuk yang dipakai untuk menyuburkan tanaman juga bersifat organik atau alami. Oleh karena itu, banyak orang menyebutnya sebagai tanaman organik.

Tidak sedikit orang yang telah beralih pada sayuran hijau karena lebih aman dan sehat untuk disantap setiap hari. Sementara itu, Anda perlu mengetahui beberapa bahan makanan sehat yang seharusnya disantap sehari-hari.

Untuk mengetahuinya lebih jelas, silakan menyimak informasi tentang bahan makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Sayuran hijau

Sayuran hijau dan masih segar merupakan salah satu bahan makanan sehat. Sayuran hijau mengandung zat besi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada cukup banyak macam sayuran yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi sehari-hari, sehingga Anda pun bisa mengkombinasikan dalam berbagai menu masakan sehat yang menggugah selera.

Perlu diingat, saat mengolah sayuran hijau tersebut jangan terlalu lama digoreng atau direbus agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak habis. Selain dibuat masakan atau dijadikan lalapan, sayuran hijau juga bisa dijadikan minuman jus yang sangat menyegarkan.

Anda pun bisa berkreasi semaksimal mungkin dengan membuat beragam jenis makanan, minuman, atau masakan yang di dalamnya terdapat sayuran hijau.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan tersebut mengandung protein nabati yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Protein yang alami mengandung asam amino yang bermanfaat untuk pembentukan sel-sel di dalam tubuh. Bahkan, beberapa orang memenfaatkannya sebagai pembentuk otot tubuh agar lebih besar dan berisi.

Ada cukup banyak macam kacang-kacangan, misalnya kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, dan lain sebagainya. Bukan hanya dapat dikonsumsi mentah atau dimasak, tetapi kacang-kacangan bisa diolah menjadi produk yang lebih menyehatkan, seperti susu kedelai. Jenis susu yang rendah lemak tetapi kaya akan protein, sangat menyehatkan tubuh.

Buah-buahan segar

Buah-buahan segar juga direkomendasikan sebagai bahan makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari Hal itu dikarenakan buah-buahan banyak mengandung vitamin, kaya akan serat, cairannya banyak, serta rasanya yang manis dan menyegarkan.

Bukan hanya itu, ternyata ada beberapa jenis buah yang dipercaya sangat berkhasiat untuk mencegah sekaligus mengobati beragam penyakit yang cukup membahayakan. Jenis buah tersebut tentu saja sudah melakukan tahapan penelitian yang cukup mendetail.

Tujuan utamanya adalah mengetahui kandungan alami dan khasiatnya dapat disesuaikan untuk menyembuhkan penyakit apa. Selanjutnya, akan dilakukan proses pengambilan ekstrak atau intisari di dalam buah tersebut untuk diolah menjadi sebuah produk ramuan atau obat tertentu.

Oleh karena itulah, jangan lupa menyediakan buah-buahan segar di rumah untuk disantap, seperti pisang, apel, mangga, dan lain sebagainya.

**

Itulah sedikit informasi yang semoga bisa menambah pengetahuan Anda mengenai beberapa bahan makanan sehat.

Loading...