4 Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Loading...

4 Cara Ampuh Mengatasi Mendengkur saat TerlelapMengatasi tidur mendengkur dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda yang selama ini selalu tidur dengan suara mendengkur.

Suara dengkuran yang dikeluarkan itu secara langsung mengganggu orang-orang di sekitar, hingga harus menutup telinga rapat-rapat. Sementara bagi yang mendengkur tentu saja tidak sadar karena dirinya sudah tertidur lelap.

Perlu Anda ketahui bahwa suara dengkuran berasal dari saluran pernapasan yang menghubungkan antara hidung dan kerongkongan.

Loading...

Di mana saluran tersebut semakin menyempit diakibatkan beberapa hal, hingga suplai oksigen yang melewati saluran pernapasan tersebut terhambat. Masuknya udara yang terhambat itulah menyebabkan suara dengkuran.

Baik pria maupun wanita mengalami hal ini. Tidak sedikit yang sudah berkonsultasi kepada dokter dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk menghilangkan dengkurannya. Namun, belum ada efek positif yang dirasakan.

Oleh karena itu, Anda yang hingga saat ini masih mendengkur, sebaiknya menyimak informasi tentang cara mengatasi mendengkur saat terlelap seperti yang ditulis di bawah ini.

Tidur dengan posisi miring

Untuk mengatasi mendengkur, disarankan Anda tidur dalam posisi miring kanan atau kiri. Pasalnya, saluran pernapasan akan lebih melebar, sehingga suplai oksigen yang dihirup dan masuk melewatinya tidak terhambat.

Jangan pernah dibiasakan tidur dengan posisi telungkup karena tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika Anda terkena penyakit flu yang menyebabkan hidung tersumbat. Secepatnya obati penyakit flu tersebut agar tidak mengganggu proses pernapasan.

Hindarilah mengkonsumsi kafein atau makan berat sebelum tidur

Kafein yang biasanya terdapat pada kopi jika dikonsumsi dengan kadar yang sedikit memang tidak ada masalah. Namun sebaiknya, Anda menghindari mengkonsumsi kafein sebelum tidur agar tidak mendengkur.

Kafein bisa merangsang beberapa bagian di saluran pernapasan lebih mengembang dan bukan tidak mungkin menghalangi saluran pernapasan. Selain kafein, hindarilah juga mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur.

Hindari kebiasaan meminum minuman beralkohol dan merokok

Minuman yang mengandung alkohol sifatnya panas sehingga berpengaruh pada sistem pencernaan, salah satunya kerongkongan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa mereka yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol saat tertidur mendengkur.

Selain itu, jauhilah aktivitas merokok yang bisa memicu banyak penyakit dikarenakan kandungan kimiawi dari asap yang dihisap ke dalam paru-paru melewati saluran pernapasan. Mungkin bukan hanya menyebabkan Anda selalu mendengkur setiap tidur, tetapi merokok juga memicu penyakit berbahaya, seperti kanker.

Olahraga secara teratur

Berat badan yang berlebihan atau obesitas juga menjadi penyebab suara dengkuran yang keras. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda berolahraga secara teratur untuk mengatasi mendengkur.

Salah satu cara yang alami dan sehat untuk dilakukan sehari-hari. Anda tidak perlu memaksakan diri dengan melakukan olahraga yang bisa menguras tenaga. Anda cukup berolahraga ringan, seperti jalan kaki di pagi hari.

Asalkan dilakukan secara teratur hingga bisa menarik napas dalam-dalam, serta berkeringat. Tubuh Anda akan terasa lebih segar dan bugar. Kualitas tidur pun tidak akan terganggu dengan dengkuran yang mengganggu pendengaran orang lain.

**

Silakan untuk dipraktikkan beberapa macam cara untuk mengatasi tidur mendengkur, seperti yang ditulis di atas. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman saat tidur, sementara orang di sekitar Anda tidak merasa terganggu.

Loading...