Cara Alami Merawat kuku Agar Terlihat Cantik

Loading...

Cara  Alami Merawat kuku Agar Terlihat CantikDi era saat ini, penampilan merupakan suatu hal yang sangat diperhatikan oleh masyarakat, khususnya di kalangan anak muda, meskipun tidak menutup memungkinan bagi orang-orang yang telah dewasa juga sangat memperhatikan penampilan mereka.

Salah satu hal yang menunjang penampilan seseorang adalah kecantikan dari kuku. Kuku merupakan bagian penting yang melengkapi jari tangan maupun kaki.

Kuku merupakan tulang yang tumbuh pada ujung-ujung jari sekaligus pelindung daripada jari tangan dan kaki tersebut, dimana kuku terbentuk dari lapisan laminasi protein yang disebut dengan keratin. Fungsi utama dari kuku adalah melindungi jari dan juga memberikan sensitifitas daya sentuh.

Loading...

Selain fungsi utamanya tersebut, kuku saat ini juga memiliki fungsi dan peran lain yang tak kalah penting, yakni sebagai penunjang atau mempercantik penampilan dari seseorang. Oleh sebab itu, saat ini banyak sekali masyarakat yang berupaya melakukan berbagai hal untuk mempercantik kuku mereka, baik dengan perawatan salon maupun perawatan sendiri.

Dengan melakukan perawatan pada kuku, penampilan akan semakin menarik dan cantik. Perawatan pada kuku biasanya dilakukan untuk membuat kuku tampak putih, lebih mengkilap dan kuat. Tidak perlu datang ke salon untuk merawat kuku karena dengan perawatan sendiri di rumah juga dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah.

Bukan berarti melarang melakukan perawatan di salon dan sebagainya, hanya saja apabila kita dapat melakukan perawatan sendiri dengan hasil yang masimal, kenapa tidak? Banyak bahan-bahan di sekitar kita yang tidak terpikirkan dapat menjadi solusi untuk mendukung penampilan kuku.

Berikut beberapa cara untuk membuat kuku nampak lebih mengkilap dan kuat dengan bahan-bahan alami yang pastinya aman untuk kita.

Cara membuat kuku Mengkilap

  • Jeruk Nipis/ Lemon

Jenis jeruk ini mengandung banyak sekali vitamin C, dimana vitamin C ini dapat membuat kuku tampak mengkilap dengan cara yang sangat mudah. Selain untuk mengkilapkan kuku, lemon juga dapat menghilangkan bekas cat kuku.

Sebelumnya cuci kuku terlebih dahulu, kemudian keringkan, lalu ambil potongan jeruk nipis/ lemon untuk digosok-gosokkan pada bagian permukaan kuku. Hasilnya dapat langsung terlihat, kuku akan tampak mengkilap.

  • Blimbing Wuluh

Blimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengkilapkan kuku. Cukup menggosokkan potongan blimbing wuluh pada permukaan kuku, biarkan kandungan asan yang ada pada blimbing wuluh bekerja untuk membersihkan bagian-bagian kuku. Setelahnya kuku akan menjadi bersih dan mengkilap.

  • Kulit Semangka

Hal yang tak terpikirkan oleh semua orang jika kulit semangka ini dapat digunakan untuk mengkilapkan dan membersihkan kuku. Caraya hanya dengan menancap-nancapkan kuku maupun menggosokkan kulit semangka pada permukaan kuku tersebut. Lakukan berulang-ulang hingga terlihat hasilnya.

  • Lidah buaya

Selain untuk kecantikan rambut, ternyata lidah buaya juga dapat menjadikan tampilan kuku tampak mengkilap. Dengan menggunakan bagian getah dari lidah buaya yang kemudian dioleskan pada bagian atas kuku, tunggu hingga mengering dan kemudian bilas dengan air bersih.

Cara membuat kuku lebih kuat dan tidak mudah patah

  • Bawang Putih

Selain khasiatnya sebagai tanaman obat, bawang putih juga dapat digunakan untuk kecantikan. Salah satunya untuk merawat kuku agar kuat dan tidak mudah patah. Caranya dengan menancap-nancapkan kuku pada bawang putih atau dengan menggosok-gosokkannya pada permukaan kuku. Hasilnya selain memperkuat kuku, kuku juga akan tampak mengkilap.

  • Minyak Zaitun

Menggunakan minyak zaitun selain untuk memperkuat, juga dapat melembabkan, mengilapkan dan merangsang pertumbuhan kuku. Caranya anda bisa hanya menggunakan minyak zaitun saja atau juga dapat ditambahkan dengan madu. Kemudian oleskan pada permukaan kuku. Tunggu beberapa saat. Lalu bilas menggunakan air bersih.

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, juga dapat menggunakan cara yang lain. Seperti perbanyak minum air putih dan susu, serta makan makanan yang mengandung protein.

Tidak hanya itu, beberapa perilaku maupun kebiasaan yang lainnya juga harus diperhatikan seperti:

  • Hindari pemakaian cat kuku terlalu sering
  • Hindari penggunaan kuku palsu
  • Hilangkan kebiasaan menggigit kuku
  • Batasi paparan kuku terhadap bahan kimia

Loading...