4 Cara Hidup Sehat Ala Islam yang Sangat Bermanfaat

Loading...

4 Cara Hidup Sehat Ala Islam yang Sangat BermanfaatHidup sehat ala Islam mungkin bisa Anda praktikkan sehari-hari, baik Anda yang beragama Islam atau non Islam. Pasalnya, cara-cara di dalamnya memang lebih umum. Dalam arti, tidak menyangkut peribadatan khusus agama Islam.

Selain itu, sangat berkaitan dengan gaya hidup sehat sehari-hari yang pastinya bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tidak sedikit cara Islami seperti ini yang ternyata bisa dipraktikkan oleh semua orang. Tidak peduli agamanya apa, jenis kelaminnya, latar belakangnya seperti apa, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, puasa Senin Kamis yang disunahkan dalam agama Islam. Dalam seminggu, Anda cukup berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Hasilnya luar biasa karena sistem metabolisme tubuh bisa sangat terjaga. Bahkan, bukan tidak mungkin Anda bisa menjaga berat bedan lebih proporsional. Inilah salah satu cara hidup sehat ala Islam yang bisa Anda tiru.

Loading...

Lalu, cara yang diajarkan dalam agama Islam terkait hidup sehat seperti ini apa lagi? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca informasi di bawah ini.

Bangun tidur sebelum waktu subuh

Waktu subuh kira-kira pukul 5 pagi, maka Anda dianjurkan untuk bangun sebelum waktu tersebut. manfaatnya cukup besar karena udara pagi yang kaya oksigen bisa Anda hirup sedalam-dalamnya. Rasakan setiap rongga-rongga di dalam paru-paru Anda terisi oleh oksigen.

Selanjutnya, basuhlah seluruh bagian tubuh tertentu yang dalam ajaran Islam disebut berwudu. Anda cukup membasuh kepala, muka, berkumur, membersihkan hidung, telinga, kedua tangan dan kaki. Pergerakan seperti ini sangat menyehatkan tubuh Anda pada pagi hari. Jangan lupa untuk mengkonsumsi segelas air putih yang menyehatkan tubuh.

Tidak banyak makan

Di dalam agama Islam mengajarkan agar semua penganutnya tidak berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi makanan segala jenis. Pasalnya, apapun yang berlebihan pasti berefek samping negatif bagi tubuh manusia. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam tubuh manusia terdapat tiga ruangan untuk tiga benda. Sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air, dan sepertiga untuk makanan.

Jika bisa mengendalikan ketiganya dalam porsi yang tepat, dijamin tubuh akan selalu sehat dan bugar. Namun jika salah satu ruangan lebih banyak porsinya karena berbagai sebab, kemungkinan bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Senang berjalan kaki

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat ringan, tetapi dampaknya bagi kesehatan tubuh sangat luar biasa. Cara hidup sehat ala Islam yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat umum.

Anda yang ingin selalu sehat dan bugar setiap hari silakan untuk mempraktikkan berjalan kaki minimal seminggu sekali atau sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing, yang penting dilakukan dengan teratur. Dengan berjalan kaki, keringat akan keluar melalui kulit tubuh. Dengan begitu, peredaran darah akan lebih lancar dan tidak ada sumbatan yang bisa menyebabkan penyakit tertentu.

Tidak pemarah

Dalam ajaran Islam disebutkan bahwa orang yang marah berarti telah dirasuki setan di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, harus segera diusir dari dalam tubuh agar tidak sampai mengganggu kesehatan tubuh. Orang yang sedang marah maka di bagian kepala terasa sakit, begitu juga di dalam hati.

Untuk meredakan rasa marah, bisa dengan berwudu, atau membasuh bagian muka dan kepala. Selanjutnya, bisa merebahkan tubuh agar kondisi tubuh bisa lebih tenang dan dingin.

Itulah beberapa cara hidup sehat ala Islam yang perlu Anda ketahui dan praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat ya.

Loading...