Manfaat Mengkudu dan Manggis Sebagai Buah Kesehatan

Loading...

Manfaat Mengkudu dan Manggis Sebagai Buah KesehatanMemang secara umum semua jenis buah memang sangat menyehatkan tubuh. mengandung vitamin C yang alami, kaya akan serat, dan banyak kandungan airnya. Namun demikian, beberapa buah harus dihindari oleh mereka yang menderita penyakit tertentu.

Sebagai contoh, orang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi harus berpantangan makan buah durian jika tidak mau hipertensinya naik drastis.

Selain itu, orang yang menderita penyakit diabetes atau kadar gula di dalam darah yang berlebihan, sudah seharusnya menghindari untuk mengkonsumsi buah-buahan yang manis karena mengandung banyak kadar gula.

Loading...

Sementara itu, mereka yang memiliki berat badan berlebih harus menghindari buah alpukat karena kandungan kalori dan lemak di dalamnya cukup tinggi.

Dengan mengetahui sekilas beberapa contoh di atas, kita dapat sedikit menyimpulkan bahwa semua buah itu boleh dimakan, asalkan Anda benar-benar sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Namun jika sebaliknya, Anda harus berpantangan untuk tidak mengkonsumsi jenis buah tertentu.

Buah noni atau mengkudu

Buah kesehatan yang satu ini dipercaya sangat berkhasiat untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai penyakit yang membahayakan. Misalnya, penyakit asam urat, kolesterol tinggi, diabetes melitus, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan lain sebagainya.

Buah mengkudu memang cukup terkenal di Indonesia bukan sebagai buah-buahan untuk dikonsumsi, tetapi dipakai sebagai terapi kesehatan. Oleh karena itulah, Anda pun bisa membuat jus kesehatan dengan bahan buah mengkudu.

Caranya pun sangat mudah, yang terpenting kandungan alami di dalam buah jangan sampai terbuang. Selain itu, sediakan buah mengkudu yang sudah matang, sehingga memang layak untuk dikonsumsi.

Buah mengkudu sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang bersifat herbal. Rasanya memang cukup pahit, sehingga tidak ada salahnya untuk mengolahnya. Namun demikian, dalam proses pengolahannya harus memperhatikan kriteria tertentu dengan tujuan agar khasiat yang terdapat di buah mengkudu tidak hilang.

Kulit manggis

Buah kesehatan selanjutnya, yaitu kulit buah manggis. Salah satu bahan alami lain yang juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda, yaitu kulit manggis. Jika Anda mengetahui atau sudah mencicipi buah manggis, ternyata bukan hanya daging buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, yaitu dengan memakannya karena rasanya yang manis keasaman

. Ternyata, kulit buahnya yang berwarna ungu kemerahan juga dapat dimanfaatkan, yaitu untuk terapi kesehatan. Menurut penelitian, kulit buah manggis mengandung zat anti oksidan yang lebih tinggi dari daging buahnya. Oleh karena itu, kulit buah manggis bisa menangkal segala bibit penyakit yang sewaktu-waktu menyerang tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat dari kulit buah manggis, Anda dapat mengolahnya sendiri yaitu menjadi minuman kesehatan yang menyegarkan. Anda cukup menyediakan 2 – 3 buah manggis yang sudah matang.

Ambil daging buahnya yang berwarna putih untuk disisihkan karena Anda tidak membutuhkannya. Sementara itu, kupaslah bagian kulit manggis yang berwarna ungu kehitaman, sehingga tersisa di bagian dalam kulitnya.

Selanjutnya, potong kecil-kecil kulit buah manggis yang berwarna kemerahan tersebut. Blender kulit buah manggis tersebut, jangan lupa untuk diberi sedikit madu alami agar rasanya lebih manis. Minumlah jus kulit manggis tersebut sebagai salah satu olahan buah kesehatan.

Loading...