4 Mitos tentang Rambut

Loading...

4 Mitos tentang RambutSebagai mahkota, banyak wanita yang merawat rambut dengan berbagai cara. Bagaimana tidak, rambut adalah salah satu unsur kecantikan. Semua wanita mengidamkan rambut panjang sehat, bersih, dan berkilau indah. Kesempurnaan seolah didapatkan bagi para wanita yang memiliki rambut panjang dan berkilau indah.

Salon rambut pun menjadi jalan alternative untuk merawat dan memperindah rambut. Tak jarang juga para wanita yang masih mempercayai beberapa mitos yang diturunkan dari nenek moyang dahulu.

Mitos Tentang Rambut

Ada 4 mitos tentang rambut yang salah kaprah yang kerap dipercayai banyak orang. Yuk simak langsung penjelasan mitos tersebut yang dikutip dari Majalah Femina (2011).

1. Jika tertidur saat rambut basah usai keramas, jamur penyebab ketombe akan tumbuh di kulit kepala

Nah, ini dia mitos yang kerap dipercayai oleh banyak orang. Sebenarnya tidur saat rambut masih basah karena usai keramas, tidak menjadi masalah tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Asalkan anda keramas dengan bersih.

Penyebab infeksi jamur di kulit kepala adalah karena tertular dari penderita lain. Selanjutnya penularan akan terus berkembang akibat kulit kepala tidak bersih, adanya luka terbuka, dan daya tahan tubuh lemah. Jamur tumbuh subur di kulit kepala yang memiliki tumpukan sel kuli mati karena jamur seolah mendapatkan suplai makanan.

2. Ketombe adalah penyakit kulit kepala yang menular

Jamur malassezia adalah jamur penyebab ketombe. Ketombe akan muncul jika Jamur malassezia tumbuh dalam jumlah abnormal akibat tumpukan sel kulit mati dan produk sebum yang berlebih. Jamur malassezia bukan jenis jamur yang menular. Jadi, mitos ketombe adalah penyakit kulit kepala yang menular adalah tidak benar.

3. Setiap satu helai uban dicabut, dua helai atau lebih uban akan tumbuh

Kebanyakan wanita kerap takut memiliki rambut uban. Karena rambut uban menjadi tanda usia sudah tidak muda lagi. Sehingga banyak wanita maupun laki-laki mencabut rambut ubannya satu persatu. Lalu, apakah mitos di atas benar?

Aktivitas mencabut rambut uban tidak akan mempercepat pertumbuhan rambut uban di kepala. Tumbuhnya rambut uban di kepala sebagai bagian dari proses penuaan rambut. Sel-sel pembentuk pigmen warna rambut atau melanosit mengamlami penuaan sehingga pigmen melanin yang dihasilkan juga berkurang. Sehingga, warna rambut makin memudar dan tidak lagi berwarna hitam.

4. Agar rambut lebih cepat panjang, sisirlah sebanyak 100 kali tarikan tiap hari

Apakah anda pernah melakukan hal ini? menyisir kepala sebanyak-banyaknya setiap hati tidak akan mempercepat pertumbuhan rambut. Namun ternyata, aktivitas ini dapat menyebabkan kerontokan dan rambut patah.

Kenapa? Ternyata semakin banyak gesekan pada rambut yang disebabkan saat menyisir terlalu keras atau menggunakan sisir bergigi rapat berakibat mempermudah rambut patah dan rontok. Nah, masih mau menyisir rambut 100 kali setiap hari?

Sekarang, masih percaya dengan mitos-mitos di atas? Nah, daripada waktu anda habis untuk memikirkan mitos-mitos di atas lebih baik lakukan tips merawat rambut berikut ini, yang dilansir majalah Femina.

Tips Perawatan Rambut

Banyaklah mengkonsumsi makanan kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah yang kaya vitamin C dan atioksidan. Ini dilakukan agar rambut kaya nutrisi, juga dapat mencegah rambut lekas rapuh.

Olahraga juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Bagi anda pencinta olah raga renang, sebaiknya benar-benar menjaga rambut anda. Karena kandungan kaporit dan garam di laut dapat mengikis kelembapan kulit kepala. Jika anda rutin berenang, sebaiknya anda menggunakan shampo yang dapat melembapkan kulit kepala dan menghilangkan klorin yang tersisa pada rambut.

Pastikan nutrisi pada asupan makanan anda cukup. Perbanyaklah mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3, buah-buahan yang kaya antioksidan dan vitamin B.

Loading...