Mencegah Ketombe Membandel di Kepala agar Tidak Kembali Lagi

Loading...

Mencegah Ketombe Membandel di Kepala agar Tidak Kembali LagiKetombe membandel di kepala memang sangat menjengkelkan bagi banyak orang. Mereka memiliki ketombe tersebut disebabkan oleh beberapa hal.

Misalnya, kurang memperhatikan perawatan rambut dan kulit kepala, memakai produk shampo dan sejenisnya yang tidak cocok dengan karakteristik rambut dan kulit kepala, atau perilaku sehari-hari yang memang buruk serta memperparah kondisi kulit kepala.

Semua itu, salah satu atau ketiga-tiganya terjadi pada orang-orang yang memiliki ketombe mambandel. Bahkan, tidak menutup kemungkin beberapa di antaranya memilih memakai obat-obatan pembasmi ketombe berbahan kimiawi berbahaya. Saat digunakan pada rambut dan kulit kepala akan terjadi kontaminasi yang berefek samping di kepala.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempraktikkan cara alami untuk memberantas ketombe membandel di kepala. Dengan begitu, ketombe di kepala Anda berhasil dibasmi dan tidak akan kembali lagi.

Cara menghilangkan ketombe secara alami

Ada beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk menghilangkan ketombe secara alami, antara lain sebagai berikut.

Pertama, memakai lidah buaya

Lidah buaya memang sudah sangat populer sebagai salah satu bahan alami untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Anda cukup mengambil daging batangnya yang berbentuk gel, lalu dioles-oleskan pada kulit kepala. Setelah itu, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Lakukan cara ini setiap hari pada pagi hari untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Sangat mudah mendapatkan lidah buaya karena jenis tanaman ini masih banyak orang yang menanamnya di pekarangan rumah. Anda pun juga bisa membelinya di pasar tradisional di sekitar tempat tinggal masing-masing dengan harga yang sangat terjangkau.

Kedua, memakai shampo anti ketombe berbahan herbal

Anda bisa menemukannya di pasaran saat ini karena sudah dijual bebas. Namun demikian, Anda harus mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya untuk memastikan benar-benar herbal atau tidak.

Shampo anti ketombe berbahan herbal tersebut dapat Anda pakai sesuai dengan anjuran pemakaian yang direkomendasikan. Sebelum membeli dan memakainya untuk membasmi ketombe membandel di kepala, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan pakar perawatan rambut atau orang yang memahami masalah ini.

Perawatan rambut untuk mencegah ketombe membandel di kepala

Setiap orang baik pria maupun wanita pasti tidak ingin berketombe. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan rambut dan kulit kepala yang cocok dan sesuai. Anda pun harus mengetahui dulu jenis rambut dan kulit kepala masing-masing, apakah kering atau berminyak.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan perawatan rambut secara rutin setiap hari. Perawatan rambut bisa dimulai dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala. Anda tidak perlu memakai minyak rambut apalagi jika jenis kulit kepalanya berminyak. Pasalnya, minyak rambut tersebut bukan tidak mungkin menyebabkan ketombe semakin banyak.

Jika kulit kepala terasa panas dan gerah bisa mendinginkannya dengan kipas angin, mengipas-kipas, atau di bawah pendingin udara (AC). Dengan begitu, kulit kepala tidak berkeringat dan kelembapannya terjaga.

Sementara jika kulit kepala terasa gatal, berusaha untuk tidak menggaruknya karena hanya menyebabkan ketombe jatuh ke bawah. Jika mengalaminya, Anda bisa segera berkeramas dengan air dingin.

Itulah sedikit informasi terkait perawatan pada rambut dan kulit kepala untuk mencegah ketombe membandel di kepala.

Loading...