3 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Loading...

3 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan dan Kebugaran TubuhManfaat puasa bagi kesehatan ternyata terbukti kebenarannya. Anda yang selalu rutin berpuasa dengan waktu tertentu pasti sudah bisa merasakan sendiri manfaatnya. Terutama untuk kesehatan tubuh secara umum.

Puasa memang identik dengan umat Islam yang diwajibkan berpuasa 30 hari pada bulan Ramadan. Di luar bulan itu, masih ada puasa sunnah atau tidak diwajibkan, yaitu Senin-Kamis. Dalam arti, puasa yang dijalankan pada hari Senin dan Kamis saja.

Jika menjalankan puasa sesuai tuntunan agama Islam berarti Anda tidak boleh makan, minum, dan berhubungan intim dengan pasangannya. Mulai dari waktu Subuh hingga Maghrib. Jika melanggarnya, puasa yang Anda lakukan dianggap batal atau gagal.

Loading...

Meskipun demikian, ada beberapa orang yang menjalankan puasa tanpa batasan-batasan seperti itu karena niatannya memang bukan untuk ibadah, melainkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sebagai contoh, berpuasa untuk tidak makan tetapi hanya mengkonsumsi air putih saja untuk mempertahankan kondisi cairan di dalam tubuh dalam kesehariannya.

Lalu, apa saja manfaat puasa bagi kesehatan? Berikut sedikit informasinya untuk Anda simak.

Memperbarui sel-sel tubuh

Sel-sel tubuh Anda perlu regenerasi atau menjadikan muda kembali. Pasalnya, sel-sel yang sudah menua tentu saja harus diganti agar metabolisme tubuh bisa berjalan dengan semestinya. Mereka yang secara teratur berpuasa, bisa menjaga tidak makan dan minum dalam sehari yang dapat memperbarui sel-sel tubuh.

Namun demikian, selain berpuasa juga harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan bermutrisi untuk membantu meningkatkan sel-sel yang sudah diperbarui di dalam tubuh.

Mengistirahatkan organ tubuh

Manfaat puasa bagi kesehatan berikutnya, yaitu berkaitan dengan kesehatan organ tubuh di bagian dalam. Terutama beberapa organ dalam melakukan proses pencernaan di dalam tubuh. Mulai dari mulut dan kerongkongan, lambung, ginjal, usus, dan lain sebagainya.

Organ-organ tersebut bisa beristirahat sejenak saat Anda berpuasa karena selama seharian tidak mengkonsumsi apapun. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan organ pencernaan di dalam tubuh.

Jika diibaratkan sebuah mesin sepeda motor, hampir setiap hari organ pencernaan ini selalu bekerja untuk melumat, menghancurkan, serta menghisap sari-sari makanan di dalam tubuh sesuai fungsinya masing-masing. Sebuah mesin yang selama seharian penuh dinyalakan dan dikendarai tentu saja harus diistirahatkan sejenak untuk mendinginkan mesinnya.

Detoksifikasi lebih maksimal

Detoksifikasi bisa diartikan pengeluaran semua racun di dalam tubuh manusia baik secara alami ataupun dengan bantuan obat-obatan atau ramuan tertentu yang dikonsumsi. Berpuasa merupakan salah satu cara detoksifikasi secara alami, sehingga lebih aman dan menyehatkan. racun di dalam tubuh sebagian besar akan dikeluarkan lewat urine atau air kencing. Hal ini berkaitan dengan menjaga kesehatan organ lambung dan ginjal yang ikut diistirahatkan.

Saat berpuasa tidak ada salahnya Anda melakukan olahraga ringan di pagi atau sore hari. Dengan begitu, keringat yang dikeluarkan juga merupakan hasil detoksifikasi. Perlu Anda ingat, saat berbuka puasa jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup banyak untuk menggantikan cairan di dalam tubuh yang hilang.

Itulah sedikit informasi yang semoga menginspirasi Anda untuk mempraktikkannya, mengenai manfaat puasa bagi kesehatan.

Loading...