Mengenal Diet Mediterania untuk Gaya Hidup Lebih Sehat

Loading...

Mengenal Diet Mediterania untuk Gaya Hudup Lebih SehatMengenal diet Mediterania sangat cocok dan sesuai dengan Anda yang ingin mengecilkan berat badan, tetapi tetap bisa makan enak sehari-hari.

Tentu saja pola makan serta porsinya lebih diatur sedemikian rupa, yang pasti lebih sedikit. Cara diet seperti ini sangat menyenangkan untuk dilakukan oleh banyak orang.

Istilah Mediterania memang sudah lama dikemukakan dalam dunia kesehatan, terutama mereka yang intens di pada masalah diet dan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Cara diet Mediterania sebenarnya lebih tepat merupakan gaya hidup dari orang-orang atau penduduk yang hidup di sekitar laut Mediterania. Gaya hidup tersebut bisa meliputi kegiatan, pola makan, aktivitas sehari-hari, dan lain sebagainya.

Menurut penelitian, gaya hidup terutama berkaitan dengan pola makan dan minum dari orang-orang yang hidup di Mediterania dianggap yang paling menyehatkan. Pasalnya, dalam kehidupan sehari-hari apa yang mereka makan dan minum, serta bagaimana cara memasak makanan tersebut begitu sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.  Oleh karena itu, tingkat kesehatan dari mereka cukup tinggi dibanding dengan orang-orang yang hidup di belahan dunia lain.

Diet Mediterania menjadi salah satu rekomendasi dari praktisi kesehatan dengan tujuan umum untuk hidup lebih sehat sehari-hari. Selanjutnya, dijamin berat badan akan turun seiring dengan mempraktikkan jenis diet ini. Tidak ada salahnya Anda mengenal diet Mediterania.

Mengenal diet Mediterania dengan mengetahui langkah-langkahnya

Ada beberapa cara atau langkah yang harus Anda ketahui terlebih dulu sebagai informasi dasar, sebelum mempraktikkan diet Mediterania yang baik dan benar. Berikut sedikit informasinya untuk Anda simak.

Pertama, jenis bahan makanan. Pada diet Mediterania, Anda bisa mengkonsumsi berbagai bahan makanan yang sederhana dan bisa didapatkan dengan mudah. Namun demikian, rasa makanan dan minuman yang disediakan tetap lezat dan pastinya menyehatkan. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi, yaitu biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, rempah-rempah, sayuran hijau yang masih segar, minyak zaitun, kentang, nasi, dan pasta.

Kedua, makanan sumber protein. Sangat ditekankan mengenal diet Mediterania bahwa jenis diet ini bukanlah diet ketat yang bisa menyiksa tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda masih diperbolehkan mengkonsumsi daging tanpa lemak, seperti ayam, ikan, atau unggas. Daging tersebut bermanfaat sebagai sumber protein untuk asupan tubuh. Namun demikian, Anda cukup mengkonsumsi jenis daging tersebut dalam porsi kecil dengan tujuan untuk mengendalikan berat badan.

Ketiga, mengkonsumsi banyak air putih. Jangan pernah melupakan untuk mengkonsumsi banyak air putih yang menyehatkan, yaitu minimal 8 gelas sehari. Kandungan mineral di dalam air putih itu sangat baik untuk menjaga proses metabolisme di dalam tubuh.

Bagaimana cara memasak ala diet Mediterania?

Cara memasak seperti yang dilakukan oleh orang-orang Mediterania, yaitu dengan cara dibakar, dipanggang, atau dikukus. Tidak pernah bahan makanan yang sudah disediakan digoreng saat proses memasaknya karena dapat menghilangkan gizi dan nutrisi di dalamnya.

Selain itu, cara digoreng dengan minyak bukan tidak mungkin meningkatkan lemak dan kolesterol di dalam tubuh. Sementara itu, cara memasak dengan dipanggang atau dikukus akan lebih mempertahankan gizi dan nutrisi di dalam bahan-bahan makanan sehat.

Dengan mengetahui informasi mengenai diet Mediterania, Anda pasti sangat ingin memperdalam kajiannya. Silakan mencari informasi sebanyak mungkin tentang jenis diet yang satu ini. Setelah cukup jelas, jangan pernah ragu untuk mempraktikkan diet Mediterania yang sehat dan tetap makan enak.

Loading...