Mengenal Penyakit Kulit Eksim

Loading...

Mengenal Penyakit Kulit EksimPenyakit eksim, siapa yang tahu dengan penyakit ini? Tidak sedikit orang yang merasa asing dengan nama penyakit ini namun apabila kita menyebutkan penyakit dermatitis, pasti semua orang langsung tanggap dengan nama penyakit yang satu ini.

Sebenarnya Eksim dan Dermatitis merupakan penyakit yang sama. Hanya saja masyarakat lebih sering menggunakan istilah dermatitis untuk menyebutkan penyakit kulit ini.

Eksim atau dermatitis ini sendiri merupakan peradangan pada lapisan kulit bagian luar baik itu lapisan epidermis maupun dermis yang menyebabkan gatal yang amat sangat bagian tersebut dan biasanya terjadi pada tangan maupun kaki. Meskipun eksim ini tergolong bukanlah penyakit kulit yang menular, tapi tetap saja rasa gatal yang dihasilkan sangatlah ekstrim.

Pada kasus yang serius eksim dapat menyebabkan timbulnya gelembung yang membengkak lalu kemudian pecah dan akan mengeluarkan cairan . Eksim merupakan penyakit kulit yang dapat menyerang siapa saja dan tidak mengenal usia.

Biasanya gejala eksim ini akan muncul pada usia lebih dari dua tahun dan dengan bertambahnya usia lama-kelamaan eksim akan sembuh dengan sendirinya. Namun tidak jarang juga beberapa orang yang harus menderita penyakit kulit ini seumur hidupnya.

Penyakit eksim sendiri belum diketahui lebih detail penyebabnya dan beberapa ahli berpendapat jika Eksim ini disebabkan karena aktivitas imun atau daya kekebalan tubuh yang terlalu berlebihan sehingga mengakibatkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri maupun iritan yang sebenarnya tidak membahayakan bagi tubuh. Selain itu, eksim dapat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keturunan maupun alergi.

Macam Eksim

Eksim Atopik. Merupakan kelainan genetik, disebabkan penderita memiliki kesensitifan terhadap rangsangan yang berasal dari luar tubuh seperti suhu  kelembapan maupun faktor iritan.

Eksim Serboik. Merupakan Dermatitis yang terjadi pada daerah yang keras seperti pada daerah hidung, rambut, alis dan melakang telinga.

Eksim Intertigro. Merupakan radang yang biasa terjadi pada daerah yang memiliki lipatan,sepertihalnya pada orang yang kegemukan atau pada lpatan keringat.

Eksim Numularis (Basah). Merupakan jenis eksim yang dapat menimbulkan benjolan yang berisi cairan dan biasanya terjadi pada punggung dan dada.

Gejala Eksim

Sama halnya dengan penyakit-penyakit lain yang kedatangannya akan ditandai dengan gejala-gejala tertentu. Eksim pun juga ditandai dengan beberapa gejala seperrti:

  • Rasa gatal yang amat sangat pada bagian-bagian yang terserang seperti tangan, siku, kaki dan bagian-bagian lainnya.
  • Timbulnya bercak kemerahan disertai rasa panas pada daerah yang terserang.
  • Sangat cepat penularanya pada bagian tubuh yang belum terinfeksi.
  • Pada eksim basah biasanya akan timbul gelembung yang disertai gatal yang berisih cairan atau nanah yang nantinya akan pecah
  • Pada eksim kering kulit tampak bersisik, kering dan kemerah-merahan dan juga disertai rasa gatal.

Perawatan dan Pencegahan Eksim

  • Hindari semua hal yang dapat menyebabkan alergi seperti makanan dan kosmetik.
  • Jangan digaruk karena dapat mengakibatkan infeksi pada kulit.
  • Gunakan pakaian yang bersih, menyerap keringat dan yang pasti tidak ketat.
  • Hindari berkeringat terlalu banyak.
  • Hindari penggunaan sabun, parfum yang mengandung bahan yang terlalu keras.
  • Jaga kelembapan kulit.
  • Hindari perubahan suhu dan kelembapan secara drastis.

Loading...