Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Lambung

Loading...

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan LambungManfaat kunyit bagi kesehatan perlu Anda ketahui informasinya. Hal itu dikarenakan salah satu jenis tanamann empon-empon ini bersifat herbal atau alami, sehingga lebih menyehatkan dan membugarkan kondisi tubuh Anda.

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan beragam tanaman herbal seperti kunyit untuk dijadikan ramuan alami yang menyehatkan.

Salah satu contoh nyata, yaitu para pedagang jamu gendong yang hampir tiap hari menjajakan jamu dagangannya dengan berkeliling atau di pasar tradisional. Jamu yang mereka jual mengandung bahan utama herbal, salah satunya kunyit. Konsumen yang membeli sekaligus meminumnya pasti juga sudah mengetahui manfaat dari jamu tradisional tersebut.

Loading...

Sementara itu, ada beberapa manfaat dari tanaman kunyit untuk kesehatan lambung yang perlu Anda ketahui. Apa saja manfaat kunyit tersebut? Silakan menyimak informasi di bawah ini.

Mengobati penyakit maag

Manfaat pertama, yaitu dapat mengobati penyakit maag. Penyakit maag yang menyerang organ lambung disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Hal itu mengakibatkan bagian lambung menjadi perih, kembung, dan mual.

Untuk menyembuhkan penyakit maag, harus dihentikan terlebih dahulu produksi asam lambung yang berlebihan tersebut. salah satu caranya, yaitu dengan mengkonsumsi kunyit. Pasalnya, kandungan herbal di dalam salah satu jenis empon-empon ini bisa menjaga produksi asam lambung sesuai yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan.

Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk minuman yang sehat dan menyegarkan. Anda cukup menyediakan 1 – 2 ruas kunyit, kemudian dihaluskan dengan cara diparut atau diblender. Selanjutnya, saring 1 – 2 kali dengan air bersih dan hangat untuk mendapatkan ekstrak atau sarinya.

Agar rasanya lebih manis, Anda bisa menambahkan madu alami secukupnya. Minumlah secara teratur setiap hari untuk mencegah sekaligus menyembuhkan penyakit maag yang setiap waktu bisa menyerang organ lambung Anda.

Mendinginkan organ lambung

Manfaat kedua, yaitu mendinginkan organ lambung. Perlu Anda ketahui bahwa lambung merupakan bagian dari sistem pencernaan di dalam tubuh manusia. Hampir setiap waktu lambung akan terus bekerja untuk melumat dan menghancurkan berbagai jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Jika makanan atau minuman tersebut sifatnya panas, pedas, asam, atau yang lainnya. Hal itu bisa menjadikan kondisi lambung menjadi panas. Jika kondisinya seperti itu, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami gejala maag.

Oleh karena itulah, kondisi lambung yang panas bisa didinginkan secara alami, yaitu dengan mengkonsumsi kunyit. Anda bisa mengolahnya menjadi makanan atau minuman yang sehat, menyegarkan, serta bercita rasa luar biasa. Silakan untuk dicoba di rumah.

Kedua manfaat kunyit seperti yang ditulis di atas merupakan beberapa dari banyak manfaat yang lain dari tanaman herbal ini. Para ibu rumah tangga pasti juga tidak asing dengan kunyit karena bisa dijadikan salah satu bahan bumbu masakan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan berbagai tanaman herbal untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh setiap hari. Tentu saja dengan aturan pemakaian yang yang dianjurkan.

Jangan pernah lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau praktisi kesehatan jika Anda merasa ada yang tidak beres saat mengkonsumsi kunyit yang tujuannya untuk menyembuhkan penyakit. Semua itu sangat berkaitan dengan manfaat kunyit sebagai salah satu tanaman herbal.

Loading...