Mengubah Pola Hidup Kurangi Resiko Terkena Serangan Jantung

Loading...

Mengubah Pola Hidup Kurangi Resiko Terkena Serangan JantungSiapa pun ingin memiliki jantung yang sehat dan untuk mendapatkannya ternyata tak perlu keluar biaya mahal, secara alami pun kita bisa mendapatkan jantung yang sehat.

Tips yang pertama kali dapat kita coba untuk mengetes kesehatan jantung kita adalah menyentuh ujung jari kaki.

Seperti yang biasa kita lakukan saat berolahraga, coba duduk di lantai dengan kaki diluruskan ke depan lalu cobalah menyentuh ujung jari kaki dengan tangan.

Jangan tekuk kaki saat tangan berusaha menjangkau jari kaki, karena jika kita bisa melakukannya itu membuktikan tubuh yang fleksibel dan berdasarkan Jurnal Heart and Circulatory Physiology yang dilansir dari Anesbarnes, ada korelasi antara tubuh yang fleksibel dengan pembuluh arteri yang fleksibel yang artinya ketika pembuluh darah flesksibel maka kemampuan jantung menjadi lebih baik, efisien, dan resiko terkena penyakit jantung pun menurun.

Peneliti Jepang, Dr Yamamoto juga mengatakan kakunya otot punggung, kaki, dan pembuluh jantung dapat saling berhubungan karena komposisi kolagennya sama. Namun bukan berarti seseorang yang ototnya kaku pertanda memiliki penyakit jantung, hanya saja itu menandakan kurang sehatnya jantung.

Tips untuk Jantung Sehat

Cara alami, murah, dan mudah untuk menyehatkan jantung adalah dengan mengubah pola hidup. Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas 2004) resiko terkena penyakit jantung dan stroke disebabkan kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas fisik, serta makan makanan yang tidak seimbang.

Jadi pola hidup yang buruk memang sudah menjadi hal yang wajar di sekitar kita, bahkan mungkin kita sendiri yang terbiasa dengan pola hidup seperti itu. Untuk itu sebelum terlambat dan menyesal di kemudian hari, tidak ada salahnya kita mulai membiasakan hal-hal di bawah ini :

1. Berjemur di pagi hari

Biasakan berjemur sebulum pukul 10.00 karena saat itu sinar matahari mengandung vitamin D yang dapat mengurangi pembentukan plak di pembuluh darah.

Berjemur juga tidak memerlukan waktu yang lama, cukup 20-30 menit. Saat berjemur pun kita masih bisa melakukan aktivitas lain seperti mendengarkan musik dan membaca buku. Jadi kita tetap dapat menikmati perubahan pola hidup yang baik di pagi hari.

2. Mengkonsumsi Dark Chocolate

Ini akan jadi perubahan yang menyenangkan perempuan karena hampir semua perempuan suka coklat! Memang benar kalau coklat dapat mengakibatkan kegemukan, tapi kalau kita mengkonsumsinya dengan jumlah yang wajar ada manfaat yang akan kita dapatkan.

Flavonoid dan magnesium yang terkandung dalam dark chocolate ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Ada pula asam stearat yang merupakan salah satu lemak yang ramah untuk jantung.

Antioksid pada coklat juga dapat menghalangi radikal bebas yang merusak dinding arteri. Kalau sudah tahu manfaat dark chocolate, sekarang saatnya memastikan coklat yang kita akan makan mengandung 70 persen cocoa.

3. Biasakan Olahraga

Ingin memiliki jantung sehat maka tubuh juga harus sehat. Mulai lah membiasakan berolahraga seperti berjalan cepat, jogging, renang, atau bersepeda.

Berdasarkan penelitian New England Journal of Medicine yang dilansir dari Pesona, jika kita melakukan jalan ringan selama 2,5 jam seminggu maka kadar kolesterol baik dalam darah akan meningkat dan mengurangi sepertiga resiko serangan jantung dan stroke.

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makan makanan sehat tentu akan menyehatkan jantung kita. Ada juga bumbu dapur yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan jantung, yaitu kunyit. Para peneliti di Pennsylvania State University dan Universitas Chiang Mai Thailand telah menemukan manfaat dari kurkuminoid yang terkandung dalam kunyit yang memberikan efek kardioprotektif untuk melindungi jantung.

Selain itu makanan yang dapat menstabilkan denyut jantung yaitu makanan yang mengandung kalsium, magnesium, asam lemak omega-3, kalium, dan makanan yang berserat.

5. Tertawa juga menyehatkan

Stres akan berakibat buruk pada jantung, karena saat sedang stres akan terlepas hormon yang membuat jantung menerima adrenalin dalam dosis besar dan ini berdampak pada rusaknya lapisan pelindung pembuluh darah. Tekanan batin juga bisa mengakibatkan tersumbatnya aorta jantung.

Untuk menghindari stres dan tekanan batin memang sebaiknya kita tertawa dan menghibur diri. Kalau dengan tertawa kita dapat menghibur orang lain, bisa dibayangkan peran kita untuk menyehatkan banyak jantung 😀

6. Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa membuat kita mudah terkena serangan jantung dan stoke, karena terjadi penumpukan mineral kalsium dalam pembuluh darah jantung. Dan ternyata jika kita terlanjur mengalami pengapuran arteri, hal tersebut dapat dikurangi dengan menambah jam tidur. Jadi biasakan tidur cukup selama 6-7 jam sehari.

Loading...