15 Bahan Makanan yang Dapat Mempercantik Kulit

Loading...

15 Bahan Makanan yang Dapat Mempercantik KulitIngin mendapatkan kulit cantik dengan mudah dan cepat? Coba lihat ke dapur dan temukan bahan makanan yang dapat digunakan sebagai cleanser, scrubs, masker dan perawatan kulit lainnya.

Siapa sangka bahan makanan yang biasa kita gunakan sehari-hari ternyata dapat bermanfaat untuk kulit dan membuat kulit menjadi putih, lembut, bersinar, dan tentunya sehat karena bahan yang digunakan tidak mengandung bahan kimia.

Jadi apa saja bahan makanan yang kita butuhkan? Berikut ulasan tentang bahan makanan yang akan mempercantik kulit, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Susu 

Kita dapat menggunakan susu sebagai cleanser caranya hanya dengan merendam kapas di mangkuk susu lalu terapkan pada wajah. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air.

Jika kita melakukannya dengan rutin kulit wajah akan terlihat lebih bersinar, kandungan yang terdapat dalam susu juga dapat memelihara dan melembabkan kulit.

2. Madu 

Madu juga dapat digunakan sebagai cleanser untuk kulit yang berjerawat karena dapat mengurangi jerawat dan menghilangkan komedo.

3. Lemon 

Gunakan lemon sebagai scrub, caranya potong dan bagi dua lemon lalu celupkan ke dalam gula. Keasaman yang terkandung dalam lemon dapat membersihkan serta mengelupas kulit secara alami, jadi lemon dapat mengangkat kulit mati di seluruh kulit. Hasilnya tentu kulit kita akan lebih cerah alami.

4. Minyak 

Hati-hati menggunakan minyak, jangan minyak oplosan atau minyak jelantah ya! Minyak yang bagus untuk kulit adalah minyak kelapa atau minyak zaitun, caranya teteskan minyak di kulit lalu pinjat dan biarkan menyerap, maka kulit akan terlihat bersinar setelah kita rutin mencobanya.

5. Gula 

Gula adalah scrub alami yang akan membuat kulit lebih halus, kita bisa menggunakannya pada wajah, badan, atau bibir.

6. Garam 

Garam bisa digunakan pada badan, tangan, atau kaki sebagai scrub yang mengangkat kulit mati. Bisa ditambahkan minyak zaitun untuk mengangkat kotoran dan membantu pengelupasan kulit.

7. Tomat 

Coba iris tomat lalu letakan di wajah dan diamkan beberapa menit, tomat akan membuat kulit wajah yang kusam menjadi lebih cerah, juga membantu memperkecil pori-pori pada wajah. Setelah menempelkan irisan tomat di wajah, jangan lupa bilas wajah sampai bersih.

8. Kopi 

Campurkan kopi bubuk dengan air lalu terapkan di kulit dan pijat lembut. Selain itu kopi juga bisa digunakan untuk scrub, caranya ampas kopi letakan di wajah dan pijat dengan gerakan melingkat. Manfaatnya tentu akan mengencangkan kulit dan melancarkan sirkulasi darah.

9. Teh 

Sisa dari menyeduh teh bisa bermanfaat juga untuk kecantikan kulit, terutama pada bagian mata. Caranya, gunakan teh sebagai masker pada mata. Ini akan membuat mata lebih rileks dan tidak sembab.

10. Oatmeal 

Kalau anda memiliki kulit sensitif, mungkin cara-cara di atas kurang cocok untuk kulit anda, jadi anda bisa menggunakan oatmeal sebagai scrub. Tambahkan juga susu karena cara ini akan menenangkan kulit dan membantu pengelupasan dengan cara yang lembut.

11. Baking Soda 

Ingin kulit bersinar dengan baking soda? Kita perlu menambahkan minyak kelapa dan madu, lalu pijat lembut pada wajah. Selain membuat kulit bersinar, kulit juga akan lebih lembut.

12. Beras Ketan 

Cuci beras ketan lalu tiriskan dan masukan pada kantong yang terbuat dari kain katun, tumbuk beras ketan hingga halus lalu celupkan ke dalam air hangat. Setelah itu barulah oleskan beras ketan pada wajah, diamkan selama dua menit, kemudian bilas sampai bersih. Cara ini juga digunakan di Jepang untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

13. Kentang 

Gunakan kentang yang sudah diiris tipis atau yang sudah dihancurkan, terapkan pada wajah sebagai masker dan lakukan secara rutin, seminggu sekali untuk hasil maksimal. Kentang bermanfaat untuk menghapus noda hitam di wajah yang disebabkan penuaan dini dan noda bekas jerawat.

14. Pisang 

Pisang dapat digunakan sebagai masker, terutama untuk wajah berjerawat karena pisang dapat mengobati jerawat yang membandel.

15. Gula Palem 

Terakhir, bahan makanan yang biasa digunakan untuk kue ini juga bisa dijadikan masker wajah. Caranya, campur gula palem dengan minyak zaitun atau madu agar dapat menempel di wajah, lalu diamkan beberapa menit dan bilas. Manfaat gula palem ini untuk mengecilkan pori dan membuat kulit wajah lebih halus.

(Gambar : stylecraze.com)

Loading...