10 Cara Menurunkan 4 Kg Berat Badan dalam Seminggu

Loading...

10 Cara Menurunkan 4 Kg Berat Badan dalam SemingguBagi sebagian orang menaikkan berat badan sangatlah mudah, tapi butuh komitmen dan keseriusan saat ingin menurunkannya. Bagi perempuan yang pernah bermasalah dengan berat badan tentu akan bersemangat melihat angka di mesin timbangan berkurang 1-2 Kg.

Apalagi kalau mendekati lebaran ini, siapa yang tak ingin terlihat menarik di depan keluarga besar dan teman lama?

Maka di bawah ini ada cara-cara sehat untuk menurunkan 4 Kg berat badan dalam seminggu, tidak akan membuat kita sakit, kelaparan, apalagi kekurangan nutrisi.

Loading...

Cara berikut juga bukan hanya untuk sementara, selanjutnya kita akan terbiasa melakukan pola hidup sehat dan menjaga berat badan kita di angka yang ideal.

Cara Menurunkan 4 Kg Berat Badan dalam Seminggu

Seperti dilansir dari Healthbeckon, inilah cara menurunkan berat badan yang paling efektif:

1. Mengkonsumsi Sedikit Kalori daripada Kalori yang Dibakar

Memperhatikan jumlah kalori sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Ingat juga bahwa 1 pound lemak setara dengan 3500 kalori. Kalau kita ingin menurunkan 4 Kg berat badan, berarti kita perlu membakar 5000 kalori per hari. Sedangkan saat melakukan kegiatan rutin, rata-rata orang membakar 2000 kalori.

Berarti yang pertama kita lakukan adalah atur pola makan dengan mengkonsumsi 1200-1600 kalori per hari. Setelah itu sempatkan berolahraga agar kalori yang terbakar lebih dari 5000 kalori.

2. Jangan Lewatkan Sarapan

Kalau ingin memotong kalori, bukan berarti kita melewatkan sarapan karena menurut penelitian, orang yang melakukan sarapan secara teratur memiliki tubuh yang lebih sehat.

Oleh karena itu, sempatkan sarapan dengan oatmeal atau sereal yang ditambahkan buah dan susu rendah lemak. Bisa juga membuat orak-arik telur untuk memenuhi kebutuhan protein. Sedangkan yang perlu dihindari saat sarapan adalah makanan berat dan berminyak.

3. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji adalah makanan yang tidak sehat dan tidak bergizi. Kalau kita ingin menurunkan berat badan, maka hindari makanan cepat saji seperti kentang goreng, burgers, dan makanan cepat saji lainnya yang mengandung gula dan lemak.

4. Makan dalam Porsi Kecil

Mengurangi porsi makanan sekitar 10-20% juga membantu mengurangi berat badan. Kalau kita terbiasa makan dalam porsi kecil, maka cukup untuk membuat kita kenyang dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga berat badan pun akan berkurang.

5. Jangan Ngemil Malam-malam

Sudah jadi kebiasaan memang, saat menonton TV atau saat lembur mengerjakan tugas kita mencari makanan ringan untuk cemilan. Tapi coba hentikan kebiasaan buruk ini karena tubuh kita akan menampung kalori yang tidak perlu. Makan malam juga sebaiknya dilakukan sebelum jam 9 dengan makanan penutup yoghurt beku.

6. Minum Banyak Air Putih

Jangan mengurangi porsi air putih seperti halnya kita mengurangi porsi makan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari air karena tanpa kalori dan manfaatnya akan membuat kita kenyang, sehingga kita tidak akan makan berlebihan. Jadi saat makan siapkan segelas besar air dan ketika mulai lapar, coba minum air lebih banyak. Pastikan juga tetap minum air sebanyak 8 gelas dalam sehari.

7. Hindari Kalori Cair

Kalau air putih tidak mengandung kalori, maka lain halnya dengan jus buah olahan, minuman berenergi, dan minuman bersoda yang mengandung sepertiga kalori yang kita butuhkan dalam sehari. Jadi ada baiknya hindari kalori cair dan beralih ke air putih atau jus sayuran yang berkhasiat menghilangkan rasa lapar.

8. Lakukan Olahraga Ringan

Kita tak perlu menghabiskan banyak waktu di gym, ingat kan kita hanya butuh waktu seminggu untuk mengurangi 4 Kg berat badan. Jadi coba lakukan cardio, medicine ball slam, dan angkat beban. Cardio pada dasarnya adalah latihan aerobik yang menggerakan lengan dan kaki secara stabil dan berulang-ulang untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, lakukan selama 15-20 menit.

Medicine ball slam merupakan latihan yang sangat membantu untuk membakar kalori. Latihan angkat beban juga bukan hanya untuk membentuk otot, tapi dapat menurunkan berat badan secara efektif. Jadi coba lakukan secara rutin dan lakukan latihan gabungan dengan intensitas yang lebih tinggi.

9. Mari Berjalan dan Menari

Kalau memang kita tidak sempat ke gym maka berjalan pun efektif membakar kalori. Gunakan pedometer untuk menghitung jumlah langkah dan jumlah pasti kalori yang terbakar. Menari tentu akan menyenangkan saat dilakukan karena seluruh tubuh akan bergerak,  juga bagus untuk otot dan kebugaran. Kita bisa mencoba pelajari tarian dasar jazz, salsa, hip hop, atau Zumba dance.

10. Kualitas Tidur

Durasi dan kualitas tidur akan berpengaruh pada hormon yang secara langsung terkait dengan nafsu makan, kalau tidak ngemil di malam hari maka mengkonsumsi kopi akan menambah kalori ekstra.

Jadi cobalah dapatkan tidur yang berkualitas karena saat tidur, berat badan akan turun melalui dua proses, yaitu respirasi ketika menghembuskan nafas dan transpirasi ketika berkeringat.

(Gambar : bodyrevamp.com)

Loading...