9 Kebiasaan di Pagi Hari yang Meningkatkan Metabolisme

Loading...

9 Kebiasaan di Pagi Hari yang Meningkatkan MetabolismeRutinitas sehari-hari jika tidak diawali dengan ritual pagi hari yang sehat akan membuat kita kurang bersemangat, cepat lelah, dan di akhir pekan kita tidak bisa lagi menikmati liburan yang menyenangkan. Apalagi di musim pancaroba seperti sekarang ini, daya tahan tubuh menjadi mudah turun dan cepat terserang penyakit.

Jadi mulai sekarang biasakan dengan ritual yang meningkatkan metabolisme tubuh di pagi hari, seperti yang dilansir dari Bembu, di bawah ini.

Hanya saja kita juga tidak perlu merombak rutinitas pagi secara langsung, kita bisa bertahap dan mencobanya satu persatu. Lakukan dengan rutin sampai kita terbiasa dengan ritual pagi berikut:

1. Minum Air Lemon Hangat Ketika Bangun

Ketika bangun hal pertama yang biasa kita lakukan mungkin membuat teh hangat atau kopi, mulai sekarang rubah kebiasaan dengan meminum air lemon hangat. Ini akan membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

Jadi siapkan lemon segar dan simpan di kulkas, setiap pagi kita bisa mengambilnya dan diiris lalu masukan ke dalam cangkir yang sudah diisi air hangat. Di hari berikutnya bisa ditambahkan dengan madu untuk memberikan rasa manis.

2. Atur Alarm 30 Menit Lebih Awal

Ternyata penting untuk bangun lebih awal karena tubuh mulai bekerja untuk menghilangkan racun dari tubuh. Sedangkan jika kita menunda untuk bangun, maka racun di tubuh akan kembali terserap.

Mungkin pada awalnya ini akan sulit, tapi jika kita tidur lebih awal pada malam sebelumnya, dan mengatur alarm 30 menit lebih awal, ini akan mudah dilakukan. Kita pun akan mulai terbiasa untuk meningkatkan metabolisme setiap pagi.

3. Rebound Selama 5 Menit

Lakukan rebound  atau meloncat minimal 5 menit setiap pagi sangat bagus untuk sistem getah bening dan menjaga tiroid tetap sehat. Seperti yang kita ketahui, cairan getah bening dan tiroid memerankan peranan penting dalam metabolisme tubuh.

4. Melakukan 5 Gerakan Tibet

Sempatkan 10 menit sebelum menjalankan rutinitas dengan melakukan 5 gerakan di video berikut. Ini sangat membantu dalam meningkatkan metabolisme di level tertinggi. Gerakan ini termasuk berputar, melengkungkan punggung, melakukan leg lifts, membentuk meja, dan menekukan tubuh.

5. Angkat Beban Selama 20 Menit

Membentuk otot juga termasuk salah satu cara meningkatkan metabolisme. Saat kita mengangkat beban tubuh kita dalam posisi membakar lemak, sebaliknya jika kita melewati aktivitas ini di pagi hari berarti tubuh kita menyimpan lemak. Jadi bagi orang yang melakukan angkat beban tubuhnya akan lebih aktif dan energik, maka sebaliknya jika kita tidak melakukannya.

6. Memakan 2 Butir Telur

Memakan telur di pagi hari selainkan memberikan gizi juga dapat meningkatkan metabolisme. Bagaimana pun caranya memasak, protein dalam telur adalah yang paling penting untuk metabolisme. Coba juga bereksperimen dengan berbagai resep telur agar kita tidak bosan saat memakan telur setiap pagi.

7. Minum Secangkir Teh Hijau

Setelah melakukan ritual di atas, minum teh hijau sepanjang hari memberikan manfaat meningkatkan kesehatan dan metabolisme. Satu cangkir mungkin kurang memberikan efek meningkatkan metabolisme, sehingga dalam penelitian disarankan untuk meminum sebanyak lima atau lebih cangkir teh hijau.

8. Mempersiapkan Cemilan

Pagi hari kita melakukan ritual sehat untuk meningkatkan metabolisme, jadi jangan sampai metabolisme kita turun karena merasa lapar dan kemudian sembarangan memakan cemilan. Pilihlah cemilan sehat yang memang sudah kita persiapkan sejak pagi.

9. Mengisi Botol Air Minum 

Jika saat bangun tidur kita sudah meminum air lemon hangat, maka kita sudah memulai proses rehidrasi tubuh setelah tidur semalaman. Saat melakukan aktivitas seharian, sebaiknya kita tidak membiarkan tubuh mengalami dehidrasi. Jadi sangat penting mengisi botol air minum dan rutin minum air putih.

(Gambar :  daniellamarieblog.blogspot.com)

Loading...