10 Kesalahan dalam Merawat Kulit

Loading...

10 Kesalahan dalam Merawat KulitBanyak cara untuk terlihat cantik dengan manicure, memotong rambut, dan make up. Oleh karena itu jangan mengabaikan kesehatan kulit, kita tidak bisa mengganti kulit seperti halnya mengganti cat kuku setiap bulan.

10 kesalahan dalam merawat kulit yang biasa kita lakukan di bawah ini mungkin tidak kita sadari dampaknya. Jadi mari kita perbaiki untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat.

1. Tidak menggunakan pelembab dengan SPF

 Sinar UV berbahaya untuk kulit, jadi jangan remehkan pelembab dengan SPF. Tetap gunakan pelembab yang mengandung SPF minimal 15 atau lebih, saat musim hujan atau musim panas, saat akan berpergian dengan mobil atau berjalan kaki selalu gunakan pelembab dengan SPF.

2. Menggosok wajah dengan handuk

 Mungkin kita tidak sadar kalau menggosok wajah dengan handuk bisa menyebabkan kulit iritasi, terutama untuk kulit sensitif. Menggosok kulit wajah dengan handuk selama bertahun-tahun juga dapat membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Kalau menggosoknya di sekitar mata maka akan timbul bintik-bintik hitam. Jadi biasakan menepuk wajah dengan handuk khusus, berbeda dengan handuk yang digunakan untuk mengeringkan tangan.

3. Lupa mencuci tangan sebelum mencuci muka

 Banyak perempuan yang lupa atau bahkan tidak tahu pentingnya mencuci tangan sebelum mencuci muka. Padahal tangan kita mungkin saja banyak bakteri, kotoran, dan minyak, jika langsung menyentuh wajah inilah yang menjadi penyebab munculnya jerawat dan kulit menjadi merah.

4. Menggunakan pelembab yang sama

 Memperhatikan kebutuhan kulit akan pelembab juga sangat penting. Saat musim berubah maka kebutuhan kulit juga berubah. Misalnya saat kulit kering di musim panas maka pilihlah pelembab dengan dosis hidrasi yang lebih tinggi. Ketika kita memperhatikan kebutuhan kulit, maka lihat sendiri perbedaannya.

5. Memakai make up di malam hari

 Membiasakan membersihkan sisa make up di malam hari sama hal nya dengan membiasakan menggosok gigi sebelum tidur. Jadi jangan sampai kita lupa dan tidur dalam keadaan memakai make up.

6. Tidak ke dermatologis

 Sekali pun wajah terlihat bersih dan sehat, kita tetap perlu datang ke dematologis. Setidaknya lakukan cek tahunan untuk bintik-bintik gelap, tahi lalat, atau kondisi kulit lainnya yang tampaknya bukan masalah besar. Deteksi dini akan menjadi peluang untuk mendapatkan kulit yang sehat.

7. Sering minum minuman bersoda

 Soda dapat merusak kulit karena dalam satu porsi saja sudah mengandung rata-rata 44 gram gula yang berarti keasaman soda sangat tinggi. Sedangkan keasaman dan gula akan berpengaruh pada kulit yang menyebabkan iritasi, jerawat, dan kemerahan.

8. Memencet Jerawat

 Sebaiknya jangan terlalu sering menyentuh wajah, terutama saat berjerawat. Memencet jerawat akan menyebabkan bekas luka, peradangan, dan memperbanyak jerawat.

9. Menunda menggunakan produk  anti-aging

 Ketika sudah berusia dua puluhan baiknya mulai menggunakan produk anti-aging, kita tidak perlu menunggu sampai terlihat tanda-tanda penuaan karena yang paling penting adalah mendapat sunscreen dan pelembab. Selain itu pencegahan dini dari penuan adalah kuncinya.

10. Tidak merawat bagian leher

Kita seringkali fokus memperhatikan bagian wajah, sehingga saat wajah terlihat cantik dan bebas kerutan apa yang terjadi pada bagian lehernya? Oleh karena itu merawat kulit wajah sama pentingnya dengan merawat kulit leher. Mulai sekarang bersihkan juga bagian leher dan gunakan pelembab dari dagu ke leher, setelah itu lihat hasilnya di tahun-tahun mendatang.

(Gambar : via Istock)

Loading...