Tips Merawat Rambut Muslimah Berjilbab

Loading...

Tips Merawat Rambut Muslimah BerjilbabMenggunakan jilbab berarti menutup aurat, yang salah satunya rambut. Namun seringkali karena rambut tertutup, kita jadi lupa merawat rambut.

Bahkan mungkin baru keramas kalau kulit kepala sudah terasa gatal? atau menggunakan jilbab saat kondisi rambut masih basah?

Kebiasaan tersebut ternyata merusak rambut dan menimbulkan permasalahan sebagai berikut, seperti yang dilansir dari voa-islam:

1. Rambut berminyak

Penyebab rambut berminyak adalah rambut yang tertutup dan tak terkena udara, sehingga keringat dan minyak pada rambut mengumpul di kulit kepala. Selain rambut berminyak, rambut juga menjadi cepat lepek.

Tips merawat rambut berminyak pada muslimah berjilbab, yaitu gunakan kedalaman kerudung yang terbuat dari bahan menyerap keringat seperti katun atau kaus. Jika anda termasuk orang yang senang mengkreasikan kerudung berlapis, sebaiknya gunakan 1-4 helai kerudung, jika lebih dari itu maka rambut akan kesulitan bernafas.

Sedangkan untuk yang beraktifitas di luar ruang, jangan gunakan kerudung berwarna gelap karena warna gelap mudah menyerap matahari, lebih baik pilih warna pastel atau putih.

Menggunakan kerudung juga sebaiknya tidak lebih dari 8 jam, jika kita terpaksa menggunakan kerudung seharian coba ijin sebentar ke toilet untuk melepas jilbab. Meluangkan sedikit waktu agar pori-pori kulit kepala bisa bernafas tentu akan mengurangi kelembaban rambut akibat keringat.

Penggunaan pelembab rambut atau conditioner pun sebaiknya tidak dilakukan setiap hari karena mengakibatkan rambut mudah lepek. Memilih shampo khusus muslimah berjilbab juga bagus untuk kesehatan rambut.

2. Berketombe

Jika rambut lembab, selanjutnya masalah pada rambut muslimah berjilbab adalah ketombe. Entah itu ketombe basah atau kering, ini akan membuat kulit kepala tidak nyaman, membuat gatal, dan bau tidak sedap.

Tips mengatasi ketombe, pertama-tama adalah rajin keramas dan memilih shampo yang tepat. Untuk ketombe ringan, coba lah keramas dengan air hangat lalu cuci bersih sampai sisa shampo tidak tertinggal di rambut. Jika ketombe tergolong berat bisa dikonsultasikan ke dermatologis atau dokter kulit.

Ketombe juga bisa muncul akibat penggunaan conditioner yang salah,  jadi jangan gunakan conditioner dari akar rambut. Jika perlu perawatan rambut, sebaiknya gunakan vitamin, creambath, atau hair tonic minimal 2 minggu sekali. Rajin menyisir rambut juga sama fungsinya dengan pemijatan di kulit kepala, lakukan 3 kali sehari, dan gunakan sisir plastik bergigi jarang.

Ingat, jangan menggunakan kerudung saat rambut dalam keadaan basah. Rambut yang basah membuat kulit kepala lembab, menimbulkan ketombe, dan bau tidak sedap. Rambut yang basah juga lebih rapuh daripada rambut kering sehingga ketika bergesekan dengan jilbab, rambut menjadi mudah rontok.

3. Rambut Rontok

Jika muslimah berjilbab bermasalah dengan rambut berminyak dan ketombe, maka kerontokan pun akan terjadi karena salah satu penyebab rambut rontok adalah ketombe.

Tips untuk megurangi kerontokan dengan menghindari mengikat rambut terlalu kencang. Jika ingin mengikat rambut, gunakan ikat rambut berlapis kain karena itu lebih baik dibandingkan karet gelang. Rambut pun tidak boleh diikat terus. Menarik garis belahan rambut hanya pada 1 sisi juga bisa menyebabkan kerontokan yang berawal dari garis belahan rambut.

Gunakan hair tonic untuk masalah rambut rontok ringan. Pilih shampo yang mengandung sari lidah buaya karena dapat memperbaiki pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Sementara kita merawat rambut agar kembali sehat, jangan mewarnai rambut, memakai roller, dan pengering rambut.

(Gambar : lewisliveshere.com)

Loading...