Tips Agar Kulit Tetap Sehat Saat Puasa

Loading...

Tips Agar Kulit Sehat Saat PuasaSebentar lagi umat muslim akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama 1 bulan penuh. Umat muslim menyambut bulan Ramadhan ini dengan penuh suka cita.

Puasa berarti menahan diri dari rasa lapar, haus, dan hawa nafsu. Dalam sehari umat muslim harus berpuasa kurnag lebih 14 jam. Dimulai saat waktu shubuh antara jam 4.30 sampai waktu magrib sekitar jam 06.00 sore. Lumayan lama juga kan ibadah puasa dalam sehari ini?

Pertanyaan yang kerap muncul di benak kita adalah apakah ibadah puasa dapat mempengaruhi kulit? Bagaimana ibadah puasa dapat mengganggu kesehatan kulit?

DR. Elandari Sulastomo, Sp. KK menjelaskan dalam bukunya yang berjudul Kulit Cantik & Sehat 2, bahwa selama bulan puasa, tubuh kita banyak melakukan penyesuaian, yang kadang kala membuat badan dan wajah tampak lesu karena cairan tubuh yang tersedia relatif tidak cukup menyuplai energi, sementara aktivitas sehari-hari tetap berjalan seperti biasa.

Lalu bagaimana seharusnya yang kita lakukan agar kulit tetap sehat dan penampilan tetap menarik? Haruskah kita tidak mengikuti puasa untuk menjaga kulit sehat dan penampilan menarik? Tentu saja bukan itu jawabannya.

Perawatan Kulit Selama Bulan Puasa

Di bawah ini ada tips untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan menawan selama bulan puasa.

Sebenarnya perawatan kulit saat bulan puasa sama dengan perawatan kulit yang dilakukan sehari-hari. Terdiri dari 3 tahapan: pembersihan, pelembab, dan proteksi. Namun yang perlu diperhatikan adalah kondisi kulit yang relative kurang air (dehidrasi), karena berkurangnya cairan dalam tubuh.

Kesegaran kulit diperoleh dari jumah cairan yang cukup. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka kulit kita akan terasa kering, kusam, mudah gatal-gatal, dan kasar. Oleh karena itu, untuk menjaga cairan dalam tubuh kita seimbang ada beberapa hal harus diperhatikan.

Pertama, mengkonsumsi air putih 6-8 gelas/hari pada rentang waktu buka sampai sahur. Karena tubuh membutuhkan air yang cukup.

Hindari minum teh dan kopi karena keduanya bersifat diuretik (mendorong pengeluaran air melalui air seni). Apalagi jika anda selalu beraktivitas di dalam ruangan ber-AC atau anda selalu beraktivitas di lapangan yang bersinggungan langsung dengan matahari. Ini akan menyebabkan kulit kehilangan kelembaban.

Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah membeli kemasan air mineral spray. Anda bisa menyemprotkan air tersebut pada kulit anda.

Selain itu, banyak mengkonsumsi buah sangat dianjurkan untuk membantu asupan air. Konsumsilah buah saat buka puasa dan sahur sebelum memakan makanan berat. Minimalnya 15 menit-39 menit sebelum mengkonsumsi makanan berat. Mengkonsumsi buah saat sahur dan buka puasa akan membuat tubuh anda segar saat menjalankan ibadah puasa.

Kedua, gunakanlah produk perawatan kulit yang mengandung pelembab. Terutama bagi jenis kulit normal-kering. Oleskan pelembab pada kulit wajah, tubuh, dan bibir sebagai bagian dari perawatan kulit saat puasa.

Gunakanlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit anda. Cara yang paling aman untuk mengetahui jenis kulit dan produk yang pas adalah konsultasi dengan dokter kecantikan.

Terakhir, jangan ragu-ragu untuk menggunakan lipbalm pada bibir. Ini akan menjaga bibir agar tidak kering dan pecah-pecah.

**

Tidak sulit bukan untuk menjaga kulit agar tetap segar dan sehat saat puasa? Hanya membutuhkan ketelatenan saja. Semua prakteknya sama dengan hari-hari biasa. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang akan menjalankannya. Tetaplah menjaga kulit agar tetap sehat dan segar.

Loading...