Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Perawatannya

Loading...

Penyebab Kulit Wajah Kusam dan PerawatannyaDi era saat ini penampilan merupakan hal yang sangat utama yang harus diperhatikan di kalangan masyarakat, khususnya kaum muda baik itu wanita maupun pria. Namun kaum wanitalah yang biasanya akan sangat memperhatikan penampilannya.

Kulit wajah yang ideal bagi kaum wanita kususnya adalah yang bersih, bersinar, serta bebas jerawat yang merupakan salah satu penunjang penampilan seseorang.

Karenanya sangat penting sekali untuk merawat kulit wajah, masalah yang sering dialami masyarakat mengenai penampilan wajah ialah kulit wajah yang nampak kusam.

Kulit wajah yang kusam akan membuat wajah tampak tidak bercahaya dan dapat menimbulkan kesan orang tersebut tidak merawat wajahnya. Selain itu akibat dari wajah yang tampak kusam adalah hilangnya rasa percaya diri atau minder apabila berinteraksi dengan publik.

Wajah kusam sendiri dapat disebabkan karena berbagai hal dan salah satunya adalah berkurangnya jumlah cairan di dalam tubuh atau biasa disebut dengan dehidrasi.

Kurangnya cairan dalam tubuh ini dapat meyebabkan kulit khususnya kulit wajah akan tampak kusam dan kering sehigga menimbulkan kesan tua pada wajah, dengan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dapat terhindar dari wajah yang kusam.

Penyebab Kulit Tampak Kusam

Pada dasarnya setiap sel dalam tubuh manusia salah satunya pada wajah akan mati dan sel yang mati itu akan tergantikan dengan jaringan sel yang baru. Begitu pula dengan seiring bertambahnya usia, dimana kemampuan sel-sel kulit untuk beregenerasi akan mengalami penurunan. Salah satu dampak dari sel yang mati dan regenerasi yang melambat ialah tampilan kulit akan terlihat kusam.

Selain itu ada beberapa faktor penyebab kulit tampak kusam sebagai berikut:

  • Pola hidup
  • Pola makan
  • Faktor genetik (Turunan)
  • Penggunaan kosmetik yang salah
  • Tidur tidak Teratur
  • Kurangnya mengonsumsi air putih

Perawatan Untuk Wajah Kusam

Apabila memiliki kulit wajah yang kusam, langkah yang harus diambil adalah melakukan perawatan untuk menggantikan kekusaman pada wajah menjadi wajah yang bersih dan bersinar.

Beberapa perawatan alami untuk wajah kusam di antaranya adalah:

  • Mengonsumsi buah dan sayuran

Cara yang mudah untuk mengatasi kulit yang kusam ialah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Kandungan vitamin yang terdapat pada buah dan sayuran dapat menjaga kulit tetap lembab dan segar sekaligus merangsang regenerasi sel kulit mati sehigga kulit akan terhindar dari kekusaman.

  • Menggunakan Masker

Merupakan hal yang umum dalam penggunaan masker untuk kecatikan wajah, salah satunya penggunaan masker untuk mengatasi kulit wajah yang kusam. Fungsi masker sendiri adalah untuk melepas sel-sel kuit yang mati dan mencerahkan tampila kulit wajah.

Bisa menggunakan masker alami seperti menggunakan bahan bengkoang, lemon maupun tomat yang kaya akan vitamin dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak tampilan wajah. Selain itu dapat juga menggunakan masker yang siap pakai.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Air putih merupakan obat sejuta penyakit. Meskipun terlihat sepele tetapi air putih sangatlah baik untuk kesehatan. Tidak hanya kesehatan, kecantikan pun sangat membutuhkan air mineral ini. Dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dapat menjadikan kulit tampak kenyal dan sehat serta mencegah kulit kusam dan kering.

  • Hindari Begadang

Begadang merupakan salah satu faktor yang dapat menimpulkan kekusaman pada kulit wajah. Jadi apabila ingin memiliki kulit wajah yang bebas dari kekusaman, salah satu cara yang cukup mudah adalah hindari tidur terlalu malam dan atur pola tidur yang baik.

  • Hindari Stres

Ada yang bilang sering marah dan banyak stres dapat mengakibatkan penuaan sebelum waktunya. Hal ini benar karena apabila terlalu banyak tekanan hingga menyebabkan strees dapat mengakipatkan timbulnya kerutan pada wajah sehingga wajah akan tampak kusam dan lebih tua. Salah satu perawatan yang harus dibiasakan adalah menghindari stres yang dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

  • Olahraga Teratur

Naah, satu hal yang juga sangat diperlukan ialah olahraga rutin untuk tetap menjaga kesehatan tubuh, karena racun-racun yang ada dalam tubuh akan keluar bersamaan dengan keringat yang keluar melalui pori-pori kulit. Begitu pula racun yang ada pada wajah yang menyebabkan wajah kusam dan berjerawat akan keluar besamaan dengan keringat saat berolahraga.

Loading...