8 Cara Mengatasi Kebotakan Dini pada Wanita

Loading...

8 Cara Mengatasi Kebotakan Dini pada WanitaRambut yang rontok jika semakin parah akan menjadi kebotakan dini yang ditakutkan oleh setiap wanita, karena rambut adalah mahkota yang harus dijaga.

Jadi segeralah melakukan pengobatan rambut rontok atau mengatasinya dengan beberapa cara yang akan di jelaskan di bawah ini.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, sebaiknya kita ketahui dulu apa penyebab kebotakan dini pada wanita yang dilansir dari cara-kamu.

Penyebab Kebotakan Dini

Pertama, kesalahan saat melakukan diet ketat bisa menjadi pemicu kerontokan rambut dan hal itu tidak bisa dirubah dengan memperbaiki pola makan, pada akhirnya rambut pun mulai mengalami kebotakan.

Selain itu, siklus pertubuhan rambut yang tidak seimbang juga menyebabkan kebotakan dini. Seharusnya rambut tumbuh sekitar setengah inchi perbulan, tapi dikarenakan faktor genetik atau adanya gangguan yang disebabkan hormon androgen, pertumbuhan rambut menjadi tidak normal dan rentan kerontokan.

Hati-hati juga terhadap gejala penyakit seperti lupus dan diabetes karena menjadi peyebab kerontokan. Penggunaan obat-obatan untuk pengencer darah, obat asam urat, obat kemoterapi, kontrasepsi, obat antidepresan, dan yang terlalu banyak mengandung vitamin A juga memiliki efek samping yang menyebabkan kerontokan, jika terus dilanjutkan maka kebotakan dini dapat terjadi.

Menjaga suasana hati dan merilekskan pikiran ternyata penting agar terhindar dari kebotakan dini. Kenyataannya, sebagian besar penyebab kerontokan yang parah dikarenakan situasi traumatik dan emosiomal yang dialami wanita.

Cara Mengatasi Kebotakan

1. Menggunakan Santan

Cara ini sudah populer sebagai ramuan untuk menumbuhkan rambut, biasanya untuk ibu-ibu yang ingin anaknya memilik rambut lebat maka mereka akan menggunakan santan.

Caranya dengan menerapkan santan ke kulit kepala dan rambut, sekitar 300-500 ml. Lalu tutup rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 15-20 menit, setelah itu barulah dibilas dengan air dingin. Lakukan 3-4 kali seminggu untuk hasil maksimal.

2.  Mengoleskan Minyak Ginkgo Biloba

Pengobatan alternatif menggunakan tanaman asli Cina, Ginkgo Biloba, dapat merangsang pertumbuhan rambut dan kulit kepala. Caranya juga mudah, hanya dengan mengoleskan minyak Ginkgo Biloba pada rambut dan kulit kepala. Dapatkan minyak Ginkgo Biloba di apotik atau di toko obat Cina.

3. Menggunakan Kuning Telur

Kuning telur juga bagus untuk pertumbuhan rambut, coba terapkan kuning telur dan pijat kulit kepala selama 10-15 menit. Cuci bersih menggunakan shampo dan lakukan lagi cara yang sama antara 3-4 kali dalam seminggu.

4. Menghaluskan Kulit Apel

Polifenol yang terkandung dalam kulit apel dapat mengatasi kebotakan dini, caranya dengan meghaluskan kulit apel lalu terapkan pada rambut, tunggu 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Selain dapat mengurangi kerontokan dan menumbuhkan rambut, kulit apel juga meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan memberikan nutrisi pada rambut.

5. Menyeduh Teh Hijau

Jika ingin pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan sehat, maka seduh teh hijau dan terapkan pada kulit kepala dan seluruh rambut. Tutupi dengan handuk selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

6. Membakar Biji Kemiri

Selain bermanfaat untuk menghitamkan rambut, biji kemiri juga dapat menyuburkan rambut. Caranya, bakar biji kemiri hingga hangus kemudian dihaluskan, oleskan pada bagian rambut, dan bungkus dengan handuk atau kain. Sebaiknya cara ini dilakukan di malam hari sehingga keesokan harinya dapat keramas menggunakan shampo.

7. Teteskan Minyak Zaitun

Mengatasi kebotakan dini dengan minyak zaitun juga bisa dilakukan saat malam hari, agar minyak zaitun terserap di kulit kepala. Caranya, teteskan 4-5 tetes minyak zaitun setelah keramas kemudian pijat kulit kepala. Minyak zaitun akan menyehatkan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

8. Gunakan Obat Penumbuh Rambut

Saat ini telah banyak di pasaran, obat penumpuh rambut dari mulai yang mengandung bahan kimia sampai bahan herbal. Namun sebelum menggunakannya ada baiknya kita memperhatikan kandungan dan efek sampingnya.

Jika akan menggunakan obat penumbuh rambut dalam jangka panjang, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan obat penumbuh rambut yang aman dan memberikan hasil terbaik untuk mahkota kita.

 (Gambar : healthmeup.com)

Loading...