Menyembuhkan Gigi Berlubang dengan Memperbaiki Gizi

Loading...

Menyembuhkan Gigi Berlubang dengan Memperbaiki GiziJika kita memiliki masalah gigi berlubang, maka yang biasanya disarankan Dokter Gigi adalah menambalnya karena tidak bisa disembuhkan seperti semula.

Namun dalam penelitian British Medical Journal telah diketahui cara menyembuhkan gigi berlubang dengan cara diet.

Apabila kita melakukan diet dengan mengkonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, daging, susu, dan makanan yang banyak mengandung vitamin D maka kerusakan pada gigi perlahan membaik.

Penelitian tersebut juga didukung oleh banyak dokter gigi, seperti yang dilansir dari Draxe, seorang dokter gigi bernama Weston A. Price mengatakan ada hubungan antara mengkonsumi makanan modern dengan gigi berlubang.

Makanan modern mengandung karbohidrat seperti pada susu, kue, permen yang sering tertinggal di gigi. Bakteri kemudian berkembang karena adanya sisa makanan dan menghasilkan asam yang menghancurkan enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Selain akibat dari kebiasaan mengkonsumsi makanan modern, ada hal lain yang juga menyebabkan gigi berlubang yaitu: kurangnya mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor; kurangnya vitamin A, D, E, dan K; terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam fitat; dan terlalu bayak makan makanan yang mengandung gula.

Setelah tahu penyebabnya, tidak cukup dengan sikat gigi setiap hari untuk menyembuhkan gigi berlubang, kita akan memperbaiki gizi dan melakukan diet sehat seperti di bawah ini:

1. Jauhi makanan manis

Soda, permen, dan makanan yang dipanggang dengan tambahan gula sebaiknya mulai dihindari. Madu, sirup, dan minuman jus kemasan juga mengandung banyak gula dan mengakibatkan gigi berlubang.

Oleh karena itu apa pun jajanan yang mengandung pemanis buatan sebaiknya jangan dikonsumsi, jika kita ingin memperbaiki gizi dan menyembuhkan gigi berlubang.

2. Tidak mengkonsumi makanan yang mengandung asam fitat

Asam fitat ditemukan di biji-bijan dan kacang-kacangan yang ternyata kandungan fosfor didalamnya sebanyak 80%. Molekul tersebut akan mengikat mineral yang diperlukan untuk kesehatan mulut, seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc sehingga berdampak pada gangguan pencernaan, kurang nafsu makan, kekurangan gizi, dan kerusakan gigi.

3. Minum susu murni

Susu murni, bukan yang dalam kemasan atau yang sudah dicampur dengan pemanis,  mengandung banyak vitamin dan mineral dan akan membantu menjaga gigi lebih kuat.

Konsumsi susu murni setidaknya seminggu sekali, karena terdapat kalsium, vitamin K2, vitamin D3, magnesium, fosfor, dan vitamin yang larut dalam lemak. Jika ada susu kambing kefir, keju mentah, dan mentega organik juga bagus untuk kesehatan gigi.

4. Makanan bergizi untuk diet yang ideal

Diet ideal kali ini tentu untuk menyembuhkan gigi berlubah, jadi anda disarankan mengkonsumsi kaldu tulang, daging, ikan, telur, sayuran berdaun hijau, buah satu potong di pagi hari, makanan tinggi lemak seperti minyak kelapa, alpukat, zaitun, ikan, atau minyak ikan cod fermentasi. Tentunya hindari makanan kemasan dan cepat saji.

5. Melakukan oil pulling

Cara ini dilakukan selama berabad-abad oleh Ayurvedic medicine sebagai prosedur detoksifikasi yang sedang populer di AS. Caranya, gunakan minyak kelapa dan tuangkan dalam satu sendok makan, lalu desahkan selama 20 menit.

Lakukan di pagi hari tepat setelah bangun tidur, setelah melakukan oil pulling segera bilas mulut dengan air hangat dan berkumur dengan air garam sebagai antimikroba. Terakhir, sikat gigi seperti biasa.

Ada hal yang perlu diingat saat melakukan oil pulling, lakukan saat santai karena pada awalnya otot rahang akan sakit dan jangan terkejut melihat campuran minyak dan air liur berubah warna menjadi susu putih atau kekuningan, itu hal yang wajar. Berhati-hati juga jangan sampai tertelan.

(Gambar : tescoliving.com)

Loading...