Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan dan KecantikanBanyak produk yang ditawarkan untuk kesehatan dan kecantikan, namun jika kita dapat melakukan perawatan yang mudah dan murah kenapa tidak kita coba?

Ada banyak bahan makanan atau bahan-bahan yang ada di dapur yang dapat diubah menjadi produk kesehatan dan kecantikan.

Nah untuk kali ini kita coba gunakan baking soda, karena memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat.

Manfaat dari baking soda dan cara menerapkannya pada kulit, akan dijelaskan di bawah ini, yang dilansir dari healthyfoodmind.

1. Baking soda untuk kulit berjerawat

Pertama-tama siapkan air mendidih, setelah itu larutkan 1 sendok teh gula dan 1 sendok teh baking soda. Jika gula dan baking soda sudah larut dalam air mendidih, ambilah kapas lalu celupkan ke dalam larutan tersebut. Kapas kemudian diperas lembut dan gosokan kapas di daerah yang berjerawat.

Selanjutnya cuci muka dengan air hangat dan sabun pencuci muka. Daerah yang berjerawat coba oleskan dengan minyak wijen dan tunggu sampai satu jam. Setelah satu jam baru lah cuci kembali wajah dengan air hangat, tanpa sabun atau produk pembersih wajah lainnya.

Ada pun cara lain untuk membersihkan wajah dari jerawat dan melembabkan kulit. Caranya, siapkan mangkuk berisi baking soda lalu celupkan bagian atas handuk ke dalam mangkuk. Gosok kulit dengan handuk dan pijat lembut mulai dari dahi dan turun ke pipi lalu dagu.

Lakukan secara teratur, minimal seminggu sekali. Namun ada baiknya konsultasikan cara ini kepada dokter kulit karena setiap orang memiliki jenis kulit berbeda.

2. Baking soda untuk scrub

Siapkan gelas plastik kecil lalu masukan 2 sendok makan baking soda dan 1/4  shower gel yang biasa kita gunakan. Campurkan baking soda dengan shower gel dan aduk sampai merata, setelah itu oleskan pada kulit dan pijat selama 10 menit.

3. Baking soda menghilangkan bintik-bintik dan noda hitam

Selain dapat menghilangkan jerawat, manfaat lain baking soda untuk menghilangkan bintik-bintik dan noda hitam. Caranya, siapkan secangkir air dan larutkan 6-7 sendok makan baking soda. Gosok lembut larutan baking soda di daerah munculnya bintik-bintik dan noda hitam 2-3 kali dalam sehari

4. Baking soda untuk membersihkan rambut

Kandungan dalam sampo seperti busa dan gel dapat dihilangkan dengan natrium bikarbonat yang terdapat dalam baking soda. Hal ini juga membuat rambut lebih bersih. Caranya, tambahkan satu sendok teh baking soda dalam satu botol sampo.

Selain itu, jika anda hobi berenang sebaiknya tips ini anda ketahui untuk menghilangkan klorin yang terdapat di kolam renang. Caranya juga mudah hanya dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda dalam air yang digunakan untuk mencuci rambut.

5. Baking soda untuk memutihkan kuku dan gigi

Kita sering mempercantik kuku dengan cat kuku tanpa sadar membuat kuku berubah warna menjadi kekuningan? Maka jika kita senang mempercantik kuku, kita juga harus bisa merawat kuku agar kita memiliki kuku yang bersih dan lebih putih.

Oleh karena itu, gunakan baking soda dengan cara memasukan sedikit baking soda pada sikat gigi bekas, lalu sikat kuku dengan lembut. Lakukan cara yang sama untuk semua kuku tangan dan kaki.

Jika ingin memutihkan gigi, coba dengan memasukan sedikit baking soda pada sikat gigi dan gosok gigi seperti biasa, setelah itu berkumur sampai bersih.

(Gambar : mmsforhealth.com)

Loading...