Solusi Mengatasi Masalah Ketiak Gelap

Loading...

Solusi Mengatasi Masalah Ketiak GelapKetiak dapat berubah warna menjadi gelap ketika kita menggunakan krim hair removal, bercukur, akibat penumpukan kulit mati, keringat berlebih, infeksi jamur dan bakteri, bahan kimia yang terkandung dalam deodorants dan antiperspirant. 

Hal lain yang lebih serius, penyebab ketiak menjadi gelap adalah acanthosis nigricanis yang merupakan gejala dari diabetes tipe-2 .

Pada dasarnya, ketiak menjadi gelap akibat tingginya jumlah insulin di dalam darah yang mencapai sel pembentuk pigmen dan merangsang produksi melamin.

Penderita obesitas dan orang yang berkulit gelap juga rentan terhadap hiperpigmentasi ini. Selain di ketiak, hiperpigmentasi juga terjadi di bagian belakang leher dan paha.

Namun anda tidak perlu khawatir dan merasa malu karena memiliki ketiak yang gelap, masalah ini dapat diatasi dengan obat yang efektif, terjangkau, dan aman. Solusi untuk ketiak gelap diulas di bawah ini dilansir dari tipspark.

1. Menggunakan irisan lemon atau jus buah

Irisan lemon dapat digunakan untuk menghilangkan warna gelap di ketiak dan mencerahkan kulit secara alami. Caranya gosokan irisan lemon dengan lembut di ketiak selama 10-15 menit. Jika lemon menimbulkan iritasi pada kulit, anda bisa menggunakan pelembab setelahnya.

Selain itu, coba juga menggunakan sari buah-buahan seperti jus tomat, jus mentimun, jus jeruk, jus nanas, dan yang lainnya sebagai pemutih alami kulit. Mengkombinasikan jus lemon, jus mentimun, dan sedikit bubuk kunyit juga dapat mencerahkan kulit gelap. Kombinasi jus kentang dan getah lidah buaya juga dapat memutihkan kulit.

2. Menggunakan baking soda dengan sari lemon

Melakukan scrubbing pada ketiak pasti jadi cara yang paling mudah, hanya perlu siapkan pasta, satu sendok makan baking soda, dan sedikit air. Caranya, campurkan pasta, baking soda, dan air lalu gosokan pada ketiak, cara ini dapat mengangkat kulit mati dan mencerahkan kulit.

Ada pula cara lain dengan mencampurkan baking soda dengan sari lemon atau cuka putih, lalu gosokan pada ketiak, ingat jangan terlalu lama menggosoknya karena akan menimbulkan iritasi.

3. Menggunakan minyak kelapa atau minyak Vitamin E

Minyak kelapa dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit, selain itu minyak kelapa juga memberi nutrisi dan melembabkan kulit. Supaya khasiat minyak kelapa lebih efektif untuk mengembalikan warna ketiak anda, coba tambahkan setengah sendok teh sari lemon ke dalam satu sendok teh minyak kelapa dan terapkan pada ketiak.

Selain minyak kelapa, coba juga menggunakan minyak Vitamin E. Caranya, pijat lembut daerah ketiak yang gelap setelah menerapkan minyak Vitamin E.

4. Menggunakan cuka apel dan tepung beras

Cobalah membuat pasta menggunakan cuka apel dan tepung beras. Terapkan pada ketiak selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. Selain untuk mengembalikan warna kulit, cara ini juga dapat melawan kuman dan menghilangkan bau badan. Jadi lebih banyak fungsinya kan?

5. Menggunakan pepaya, lemon, dan madu murni

Jika tadi kita sudah mencoba membuat pasta dengan cuka apel dan tepung beras, sekarang kita buat pasta menggunakan bubur pepaya. Khasiat dari bubur pepaya dapat menghilangkan noda pada kulit dan untuk mengatasi masalah perubahan warna kulit.

Caranya, campurkan satu sendok makan bubur pepaya, lemon, dan satu sendok makan madu murni. Oleskan pasta pada area kulit yang gelap dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas sampai bersih.

6. Menggunakan susu mentah, plain yogurt, dan tepung

Ramuan terakhir untuk mengatasi ketiak gelap adalah dengan mencampurkan satu sendok makan susu mentah, plain yogurt, dan satu gram tepung.

Pasta buatan sendiri ini kemudian dioleskan pada kulit dan diamkan selama 15-20 menit. Kandungan asam laktat pada susu dan yogurt dapat mengatasi perubahan warna kulit dan membuat kulit lebih lembut dan halus.

(Gambar : log.viva.co.id)

Loading...