10 Langkah Agar Berat Badan Turun Alami

Loading...

10 Langkah Agar Berat Badan Turun Alami Berat badan turun alami sudah seharusnya Anda praktikkan, terutama yang hingga saat ini masih memiliki bentuk tubuh kurang profesional.

Daripada Anda mengkonsumsi ramuan atau obat-obatan yang kemungkinan mengandung bahan-bahan kimiawi berbahaya.

Lebih baik Anda mempraktikkan beberapa cara atau langkah agar berat badan turun alami sebagai berikut.

Berkomitmen pada diri sendiri

Sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan, Anda harus berkomitmen atau berjanji dengan diri Anda sendiri. Pastikan Anda selalu siap menerima apapun halangan dan rintangan yang datang saat mempraktikkan berat badan turun alami. Dengan begitu, proses menurunkan berat badan menjadi lebih mudah dan tidak membebani Anda.

Positive thinking tentang diet sehat

Jika Anda memutuskan memakai cara diet untuk menurunkan berat badan, selalu berpikir positif. Jangan menganggap bahwa proses diet merupakan sesuatu yang akan menyiksa tubuh Anda. Itu pemikiran yang salah.

Anggap saja proses diet itu hanya mengurangi dan mengganti beberapa menu makanan sehari-hari yang Anda konsumsi, ditambah berolahraga secara teratur.

Memahami metabolisme tubuh bekerja

Anda yang selalu beraktivitas di luar rumah, seperti di kantor harus memulai mengubah pola hidup Anda. Pada intinya, jangan sampai Anda terlalu memforsir tenaga dan pikiran untuk bekerja. Apalagi hingga mengalami tanda-tanda stres, seperti kepala pusing berkepanjangan dan sulit tidur.

Hal itu akan membuat program berat badan turun alami yang Anda jadwalkan menjadi kacau balau. Selain itu, metabolisme tubuh juga harus beristirahat.

Mengatur pola makan yang sehat

Saat berdiet, Anda harus mengatur pola makan sehari-hari. Salah satu cara yang efektif, yaitu, makanlah lebih sering, 5 – 6 kali sehari dengan porsi kecil. Jika dilakukan secara teratur setiap hari akan ampuh menurunkan berat badan Anda. hindarilah makanan yang berlemak dan berkalori tinggi.

Satu hal penting yang harus diingat adalah jangan sampai Anda melewatkan sarapan pagi, meskipun hanya memakan sepotong roti dan meminum segelas susu. Jika Anda tidak sarapan, sama saja menyiksa diri sendiri. Pasalnya, sarapan pagi itu sebagai sumber tenaga saat Anda beraktivitas hingga siang hari.

Mengurangi makan yang mengandung minyak goreng, tepung, gula, mentega atau margarin

Anda juga harus mengurangi, bahkan menghindari beberapa bahan makanan, seperti minyak goreng, tepung, gula, dan mentega atau margarin untuk berat badan turun alami. Pada hari-hari biasa, Anda sudah terbiasa memakan makanan yang digoreng atau dibakar.

Sekarang, banyaklah memakan makanan yang direbus, rendah kalori dan lemak, tetapi mengandung protein tinggi. Kurangi juga porsi makanan yang berkarbohidrat tinggi. Sebagai contoh, Anda yang biasa memakan nasi dari beras, gantilah dengan beras merah yang kandungan proteinnya lebih besar daripada beras putih.

Mengkonsumsi buah dan sayur

Buah-buahan merupakan makanan sehat yang banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, yaitu menangkal berbagai macam toksin atau racun yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Sementara itu, sayuran hijau mengandung protein maupun zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Dengan memperbanyak makan buah dan sayuran hijau, kesehatan tubuh Anda tetap terjaga meskipun sedang menjalani program diet.

Jangan lupa, pilihlah buah dan sayuran yang masih segar, jangan yang sudah layu karena kandungan vitamin dan proteinnya sudah berkurang.

Mempraktikkan istirahat yang cukup

Istirahat atau tidur sangat penting bagi Anda untuk mengembalikan atau menormalkan kembali metabolisme yang sudah seharian bekerja dalam tubuh. Anda membutuhkan waktu tidur sekitar 8 jam sehari. Kebiasaan itu harus selalu diterapkan agar Anda juga tidak mengalami stres yang berpengaruh pada program berat badan turun alami yang dilakukan.

Jika Anda sulit untuk mengatur jam biologis waktu tidur, cobalah mengatur dengan membagi antara malam dan siang hari. Jangan sampai Anda mengkonsumsi obat-obatan agar bisa tertidur lelap. Obat itu hanya akan merusak organ tubuh Anda dan membuat ketagihan, jika dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu.

Berolahraga secara teratur

Salah satu cara efektif lain sebagai pendamping dari diet, yaitu berolahraga secara teratur. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu keras dan membutuhkan tenaga banyak.

Mulailah dengan berjalan kaki sekitar satu jam. Hal itu akan lumayan membakar kalori tubuh Anda. Selanjutnya, ditingkatkan dengan jogging setiap hari selama 1 jam, yang akan lebih membakar kalori tubuh Anda. Bagi yang baru saja melakukan pola hidup sehat ini, jangan melakukan setiap hari, cukup 2 hari sekali.

Memakai alat pembakar lemak yang tepat dan aman

Jika Anda merasa kurang cukup kalori yang dibakar, padahal sudah berolahraga secara teratur. Anda dapat menggunakan dengan bentuan alat yang saat ini banyak dijual di pasaran.

Namun perlu diingat, alat yang Anda gunakan harus sesuai dengan karakteristik tubuh. Faktor kenyamanan dan keamanan harus diperhatikan saat Anda akan membelinya dengan tujuan berat badan turun alami.

Menikmati proses menurunkan berat badan

Dalam arti, Anda harus bisa beradaptasi dengan perubahan pola dan perilaku sehari-hari yang sebelumnya tidak Anda lakukan. Setelah mampu beradaptasi dengan proses ini, Anda akan menikmatinya dan terasa ringan saat dilakukan.

Tanamkan pada pikiran dan jiwa Anda bahwa berat badan turun alami itu adalah hal yang mudah dan praktis. Semua orang dapat melakukannya, tak terkecuali diri Anda sendiri.

Loading...