5 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

Loading...

5 Cara Mengobati Sinusitis Secara AlamiGejala sinusitis pada awalnya seperti flu biasa lalu terasa nyeri di bagian pipi, sekitar alis bagian atas, terjadi pembengkakan pada salah satu bagian mata, pilek sampai terasa sakit kepala, batuk, dan lain-lain. Penangan sinusitis juga harus sesegera mungkin.

Apabila sinusitis berlangsung kurang dari 4 minggu berarti bersifat akut, apabila sudah lebih dari 12 minggu maka sudah termasuk kronis.

Seperti yang dilansir dari doktercewek, sinusitis terjadi karena ada kemacetan pada saluran lendir yang disebabkan oleh infeksi pada sinus sehingga terjadi pembengkakan dan peradangan. Adapun penyebab lain dikarenakan penyumbatan atau obstruksi pada salah satu tulang kecil hidung yang berbentuk penyimpangan septum dan sekresi lendir dalam rongga hidung.

Pada umumnya penderita sinusitis alergi dengan inhalansia, misalnya serbuk sari, jamur, tungau debu, bulu binatang, atau bisa juga terkena sinusitis akibat berbagai bahan kimia seperti polusi udara, pengaruh asap rokok, atau karena paparan klorin.

Oleh karena itu penderita sebaiknya langsung diatasi oleh dokter untuk diketahui secara pasti penyebabnya, namun cara alami di bawah ini dapat juga dicoba untuk mempercepat penyembuhan.

1. Menggunakan miyak kayu putih

Penderita sinusitis akut dapat mencoba meminum minyak kayu putih dengan dosis 200 mg setiap 3 kali sehari. Apabila digunakan dalam inhalasi uap, minyak kayu putih dapat meredakan hidung tersumbat.

Jadi manfaat minyak kayu putih selain dapat melawan infeksi sinus, juga bersifat antibakteria dan dapat membersihkan lendir dari saluran pernapasan.

2. Menggunakan minyak atsiri

Minyak atsiri sudah terkenal khasiatnya untuk mengobati penyakit pernapasan. Oleh karena itu penderita sinusitis juga banyak yang menggunakan minyak atsiri untuk mengobati gejala sinusitis. Selain itu, pada minyak atsiri terkandung kombinasi dari minyak esensial yang membantu mengobati segala macam penyakit pernapasan.

3. Menggunakan lobak

Kalau biasanya kita temui lobak pada makanan, ternyata lobak juga dapat digunakan untuk mengobati sinusitis. Khasiat lobak untuk mengencerkan dan melarutkan lendir akibat infeksi sinus.

Dalam lobak juga terdapat senyawa sulfur yang dapat membunuh kuman penyebab sinusitis, selain itu terdapat antihistamin alami dan anti-inflamasi yang membantu membuka saluran bronkial, sehingga tidak mengalami penyempitan saluran hidung.

4. Melakukan diet

Jika terjadi infeksi pada sinus maka kita perlu membangun daya tahan tubuh, ini akan mempercepat penyembuah pada penderita sinusitis. Oleh karena itu melakukan diet menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi lakukan diet khusus seperti minum jus jeruk dan makan buah jeruk, karena saat terkena infeksi butuh membutuhkan banyak vitamin C. Jangan lupa perbanyak minum air putih minimal 8 gelas setiap hari agar lendir pada rongga sinus tidak mengental.

5. Menggunakan air garam

Air garam memang banyak khasiatnya terutama untuk mengobati sinusitis. Salah satu caranya yaitu mencuci hidung dengan air garam untuk menjaga saluran hidung tetap terbuka, selain itu air garam juga dapat mengeluarkan lendir dan bakteri dari dalam hidung.

Cara lain dengan berkumur menggunakan air garam hangat, ini berguna untuk menyembuhkan sinusitis secara alami. Ada hal yang juga perlu diingat agar sinusitis tidak semakin parah, yaitu mandi dengan air hangat.

(Gambar : spinewave.co.nz)

Loading...