6 Manfaat Vitamin D bagi Tubuh Manusia

Loading...

6 Manfaat Vitamin D bagi Tubuh ManusiaManfaat vitamin D bagi tubuh sebaiknya Anda ketahui informasinya, dikarenakan cukup penting untuk mengenal karakteristik dari salah satu vitamin yang bisa larut dalam air ini.

Anda pun mungkin sudah mengetahui bahwa vitamin D berfungsi sebagai pembentukan tulang dan gigi mansia agar lebih baik dan kuat.

Vitamin D bisa Anda temukan pada makanan, seperti ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Bahkan, sinar matahari pagi juga mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu bertanya-tanya saat melihat orang tua yang menjemur bayinya di bawah sinar matahari secara langsung di pagi hari. Langkah itu dibenarkan karena sinar matahari pagi baik untuk pertumbuhan tulang terutama untuk anak batita (bawah tiga tahun).

Namun, harus diketahui jangan sampai menjemur di atas jam 8 karena sengatannya sudah mulai panas. Dan batita cukup dijemur sekitar 30 menit saja dan jangan terlalu lama karena fungsi kulitnya belum sempurna.

Lalu, apa saja manfaat vitamin D bagi tubuh manusia? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini.

Memperbarui sel-sel kulit tubuh

Anda dapat mengkonsumsi asupan makanan alami yang mengandung vitamin D, seperti ikan, telur, dan margarin. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D secara rutin berarti persediaan vitamin ini di dalam tubuh dapat terjaga. Akibat positifnya, yaitu membantu pada peremajaan sel-sel kulit tubuh Anda.

Dengan begitu, kulit tubuh Anda lebih sehat dan terlihat segar. Terutama untuk vitamin D2 dan D3 yang dapat mencegah gangguan pada kulit, seperti psoriasis. Kandungan vitamin ini biasanya tercampur dalam bahan produk perawatan dan kecantikan tubuh yang biasa Anda pakai.

Mempertahankan kekebalan tubuh

Manfaat vitamin D bagi tubuh selanjutnya, yaitu menjaga kekebalan tubuh. Vitamin D terdapat kandungan molekul aktif yang disebut kalsitriol. Fungsinya bagi metabolisme tubuh, yaitu membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang dan otot. Selain itu, kalsitriol berfungsi sebagai immuno modulator yang membantu menjaga kekebalan tubuh manusia.

Oleh karena itu, Anda yang tidak ingin menderita sakit-sakitan alangkah baiknya mengkonsumsi makanan, seperti sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin D.

Hal itu bertujuan agar tubuh Anda selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Beberapa penyakit ringan, seperti demam, flu, pilek, sakit kepala, maupun masuk angin akan jarang menyerang tubuh Anda.

Mencegah tulang keropos atau osteoporosis

Mereka yang sudah berusia lanjut alias manula juga harus diberi asupan vitamin D yang banyak. Hal itu dikarenakan semakin tua usia berarti semakin menurun fungsi dan kandungan mineral dan vitamin di dalam tubuh.

Oleh karena itu, para manula perlu diberi asupan vitamin D dalam bentuk makanan maupun suplemen. Selain itu, bantuan sinar matahari pada pagi hari sangat membantu dalam menjaga tulang saat lanjut usia.

Mencegah sel kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok yang menakutkan bagi semua wanita. Penyakit ini menyerang salah satu organ tubuh wanita yang sangat dibangga-banggakan dan sebagai daya tarik, yaitu payudara.

Biasanya, sel kanker hanya menyerang satu bagian payudara saja. Namun, tidak menutup kemungkinan akan menyerang sepasang payudara wanita karena sel-sel kanker sudah berkembang dengan cepat.

Namun jangan khawatir, karena menurut penelitian dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dapat menghambat penggandaan sel kanker pada payudara. Itulah manfaat vitamin D bagi tubuh khususnya kaum hawa.

Mencegah rakhitis bagi anak-anak

Usia anak-anak merupakan waktu di mana susunan tulang sudah tumbuh dan berkembang. Pada usia ini sangat perlu diperhatikan asupan berbagai makanan yang dikonsumsi anak-anak.

Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan bagi anak-anak dalam tumbuh dan berkembang adalah vitamin D. Pasalnya, anak-anak yang kurang asupan vitamin D akan menyebabkan rakhitis, yaitu tulang yang tidak keras dan kokoh karena kekurangan mineral di dalamnya, sehingga mudah patah dan rapuh.

Untuk mencegahnya, anak-anak sedini mungkin harus diberi asupan sayuran dan buah-buahan. Selain itu, anak-anak perlu dijemur di bawah sinar matahari pagi yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulangnya.

Mengobati penyakit osteomalacia

Osteomalacia adalah penyakit yang dapat ditemui pada jaringan manusia. Penyebab utamanya, yaitu proses pembentukan lapisan mineral pada tulang manusia tidak berfungsi dengan normal.

Tulang baru terbentuk tanpa adanya lapisan yang mendukungnya, sehingga tulang menjadi lunak serta mudah retak dan patah. Kondisi tulang seperti itu tentu sangat rawan terjadi kecelakaan. Apalagi bagi Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan.

Osteomalacia biasanya diderita oleh orang dewasa, seperti halya penyakit osteoporosis pada orang lanjut usia. Salah satu pencegahan yang efektif bagi penyakit ini adalah mengkonsumsi makanan dan suplemen vitamin D.

Namun untuk pengobatan harus selalu mengkonsumsi suplemen vitamin D atas petunjuk dari dokter. Tidak ada salahnya bagi Anda yang memiliki buah hati bisa mencegah penyakit osteomalacia dengan manfaat vitamin D bagi tubuh.

Loading...