3 Cara Alami Menghitamkan Rambut Beruban

Loading...

ASTAQAULIYAH.COM – Rambut yang beruban identik dengan kondisi seseorang yang sudah tua. Tapi akhir akhir ini rambut yang beruban tidak hanya dimiliki oleh orang yang sudah lanjut usia saja, mereka yang masih berusia muda pun telah banyak yang memiliki rambut beruban.

Jika rambut beruban karena faktor usia, tentu saja itu adalah hal yang wajar dan tidak usah dirisaukan, tapi jika rambut anda beruban sebelum waktunya, itu merupakan salah satu masalah yang harus segera Anda cari solusinya.

Cara Alami Menghitamkan Rambut Beruban

Rambut beruban sebelum waktunya atau biasa disebut dengan ubanan dini tentu saja akan sangat mengganggu penampilan. Anda akan merasa kurang percaya diri atau minder saat harus berinteraksi dengan orang lain, apalagi dengan orang yang seumuran.

Adanya uban di rambut akan membuat Anda tampak jauh lebih tua dari sebelumnya. Rambut beruban juga bisa menjadi penyebab masalah rambut yang lainnya seperti rambut gatal, rambut bercabang dan rambut pecah pecah atau patah.

FAKTOR PENYEBAB TUMBUHNYA UBAN

Sebelum membahas cara mengatasi rambut beruban secara alami, berikut ini kami bahas faktor penyebab rambut beruban sebelum waktunya:

Faktor Usia

Usia merupakan salah satu penyebab utama rambut beruban. Siklus perkembangan atau pertumbuhan rambut mulai akan mengalami masalah jika usia seseorang semakin menua, terutama dengan masalah pigmen.

Dulu orang akan mengalami rambut beruban di usia 45 tahun ke atas, sekarang, orang yang masih berusia 30 tahun juga sudah banyak yang ubanan.

Faktor Genetika

Jika ada salah satu orang tua Anda yang cepat beruban, maka Anda juga akan terkena resiko cepat beruban. Factor genetika sendiri memegang peranan yang sangat penting dalam proses rambut yang beruban.

Kebiasaan Merokok

Menurut hasil salah satu riset, orang yang merokok cenderung lebih cepat beruban dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Penyebabnya adalah adanya radikal bebas yang diproduksi secara berlebihan ketika seseorang sedang menghisap rokok. Selain beruban, asap rokok juga bisa menyebabkan seseroang cepat keriput dan cepat terserang masalah pada gigi.

Akibat Mudah Stres

Stres kemungkinan besar tidak akan membawa pengaruh langsung terhadap tumbuhnya uban di rambut Anda. Tapi rasa gelisah, tegang dan stres yang kuat akan menyebabkan pengaruh fisiologis yang akan membawa pengaruh yang besar terhadap pigmentasi dan siklus dalam rambut.

Kondisi Kesehatan yang Sering Terganggu

Walaupun kasusnya bisa dibilang sangat jarang, namun kondisi seseorang yang sering sakit sakitan akan menyebabkan kelainan genetik sehingga menyebabkan rambut cepat beruban.

CARA ALAMI MENGHITAMKAN RAMBUT BERUBAN

Setelah mengetahui beberapa factor penyebab rambut beruban, berikut ini adalah beberapa cara alami menghitamkan kembali rambut Anda yang telah beruban, antara lain:

Menghitamkan rambut beruban dengan minyak kelapa

Mengusapkan minyak kelapa asli atau di daerah jawa dikenal dengan nama minyak kletik akan membantu Anda untuk kembali menghitamkan rambut dan membuatnya lebih berkilau.

Menghitamkan rambut beruban dengan minyak kemiri

Mengusapkan minyak kemiri ke rambut Anda bisa membuat rambut semakin kuat dan bisa membantu menghitamkan rambut Anda yang sudah mulai ubanan. Usapkan minyak kemiri dan pijat pijat kulit kepala Anda minimal 15 menit setiap harinya.

Menghitamkan rambut beruban dengan mengoleskan jus labu dan minyak wijen

Anda bisa membuat ramuan alami dengan mencampurkan jus labu, minyak wijen serta minyak zaitun. Setelah semua bahan tercampur, Anda bisa mengusapkannya ke seluruh bagian rambut Anda untuk menghindarkan rambut Anda dari ubanan dan kembali menyehatkan rambut yang sudah terjanjur beruban.

****

Demikianlah 3 cara alami menghitamkan rambut beruban. Silahkan dicoba dan kami berharap semoga berhasil membantu Anda mengembalikan warna rambut sebagaimana diinginkan.

Salam sehat selalu!

Loading...